Sabtu, 23 Juni 2012

T-2 ACTION PLAN



ACTION PLAN
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON PENGAWAS SEKOLAH

No
Kompetensi
Tujuan
Target

Pelaksanaan
Waktu
Tempat
Media
1
Penyusunan Program
Peserta diklat dapat menyusun program tahunan, semester yang mengacu pada 8 standar
Tersusunnya program pengawas
4 jam

LCD, laptop,
Alat Tulis
2
Penyusunan Laporan Kepengawasan
Peserta diklat dapat membuat laporan hasil kepengawasan.
Pengawas dapat menyusun laporan pada akhir kegiatan pengawasan
4 jam

LCD, laptop,
Alat Tulis
3
Metode Kerja
Mengetahui berbagai metode kerja yang akan digunakan sesuai kegiatan yang akan dilakukan
Dapat menerapkan metode dalam menilai, membina dan memantau sekolah
2 jam

LCD, laptop,
Alat Tulis
4
Penyusunan Instrumen Pengawasan
Dapat menyusun instrumen sesuai indikator program yang ditetapkan dalam program kerja
Tersusunnya Instru- men yang akan digunakan untuk supervisi
4 jam

LCD, laptop,
Alat Tulis
5
Monitoring  Pelaksa-naan Standar Pendi-dikan Nasional 
Memahami prinsip monitoring sesuai standar pendidikan nasional
Dapat menyusun strategi monitoring Standar Nasional
2 jam

LCD, laptop,
Alat Tulis
6
Monitoring persiapan Akreditasi Sekolah
Memahami aspek-aspek akreditasi sekolah
Sekolah binaan lulus akreditasi
2 jam

LCD, laptop,
Alat Tulis
7
Pengelolaan Admi-nistrasi Sekolah dan MBS
Memahami/menguasai adminstrasi sekolah meliputi: kurikulum, peserta didik, ketenagan, sarana dan prasarana, keuangan, bimbingan dan konseling serta hubungan sekolah dengan masyarakat.
Mampu membina sekolah dalam pengelolaan dan administrasi satuan pendi-dikan berda-sarkan manajemen pening-katan mutu berbasis sekolah.
4 jam

LCD, laptop,
Alat Tulis
8
Metode dan Teknik Supervisi
Mampu memahami dan mengembangkan metode dan teknik supervisi 
Dapat melaksanakan supervisi
3 jam

LCD, laptop,
Alat Tulis
9
Simulasi pende-katan supervisi manejerial
Mampu melaksanakan supervisi manejerial
Dapat melaksanakan supervisi manejarial
2 jam

LCD, laptop,
Alat Tulis
10
Penyusunan Program BK
Memahami konsep, pro-gram, evaluasi, program BK
Mampu membina ke-pala sekolah dan guru dalam melak-sanakan bimbingan dan konseling

2 jam

LCD, laptop,
Alat Tulis
11
Laporan Hasil BK
Dapat menyusun Laporan BK
Tersusunnya laporan BK pada akhir tahun
2 jam

LCD, laptop,
Alat Tulis


SATUAN ACARA  PELATIHAN

IDENTITAS
a. Nama Pelatihan         : Diklat Calon Pengawas Sekolah/Madrasah
b. Angkatan/Kluster    : I
c. Dimensi Kompetensi            : Supervisi Manajerial
d. Nama Mata Diklat    : 1. Penyusunan Program dan Laporan Hasil
      Pengawasan.
e. Jumlah Jam                 : 8 x  45 menit

STANDAR KOMPETENSI
1.     Memiliki wawasan tentang penyusunan program pengawasan sekolah.
2.     Menyusun model program dan laporan hasil pengawasan sekolah
3.     Mampu memberikan pelatihan penyusunan program dan laporan hasil pengawasan

KOMPETENSI DASAR
Kompetensi yang akan dicapai setelah menyelesaikan materi pelatihan ini adalah, diharapkan peserta dapat melatih calon pengawas sekolah dalam menyusun program dan laporan hasil pengawasan sekolah baik untuk sekolah kategori standar atau kategori mandiri.

Indikator Pencapaian Kompetensi (trainer)
a.     Memahami konsep dasar dan tujuan penyusunan program pengawasan sekolah
b.     Menguasai prosedur penyusunan program pengawasan sekolah
c.      Menyusun program pengawasan sekolah untuk sekolah kategori standar maupun kategori mandiri.
d.     Menyusun laporan pengawasan sekolah

Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti Diklat ini peserta mampu menyusun program pengawasan dan laporan hasil pengawasan yang mengacu pada standar nasional pendidikan.

Materi Diklat
Ruang lingkup materi penyusunan program pengawasan dan laporan hasil pengawasan sekolah, berupa:
1.      analisis kebutuhan (identifikasi temuan masalah pengawasan sebelumnya)
2.     perumusan indikator keberhasilan  penyusunan program pengawasan sekolah.
3.     penyusunan program pengawasan sekolah meliputi pelaksanaan, mengevaluasi hasil pengawasan sekolah, merumuskan dan menyusun program kerja pengawasan sekolah
4.      menyusun laporan pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan pada sekolah binaan. Diskusi tentang

ALOKASI WAKTU
Alokasi waktu untuk materi diklat ini adalah 8 jam, @ = 45 menit, yang dibagi kedalam  1 jam pretes, 3 jam teori dan tanya jawab, 3 jam diskusi dan presentasi kelompok penyusunan program pengawasa dan pelaporan hasil, dan 1 jam untuk postes.

METODE PENYAJIAN
1.     Eksplorasi penguasaan peserta tentang apa, mengapa, bagaimana tugas pengawasan sekolah.
2.     Diskusi dan tanya jawab dalam pengembangan materi penyusunan program pengawasan sekolah sesuai dengan tugas pokok pengawas yaitu melaksanakan pembinaan, pemantauan, dan penilaian terhadap guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya serta penilaian terhadap kinerja satuan pendidikan.
3.     Diskusi dan tanya jawab tentang prosedur pelaksanaan supervisi akademik dan supervisi manajerial dikaitkan 8 (delapan) standar nasional pendidikan.
4.     Diskusi dan tanya jawab tentang program pengawasan untuk sekolah kategori standar atau kategori mandiri.
5.     Praktek penyusunan program dan hasil pengawasan sekolah.

KEGIATAN PELATIHAN
1. Pendahuluan, berupa:
a.     Eksplorasi mengenai Tupoksi Pengawas dan Kompetensi Pengawas sebagai acuan Penyusunan Program dan Laporan Hasil Kepengawasan  Diklat Calon Pengawas
b.     Ekplorasi mengenai penguasaan peserta tentang materi penyusunan program dan hasil pengawasan sekolah.
2. Inti
  1. Presentasi dan diskusi pokok-pokok materi penyusunan program dan laporan  hasil pengawasan sekolah meliputi konsep dasar dan tujuan penyusunan program pengawasan sekolah, identifikasi hasil pengawasan sekolah berupa identifikasi hasil pembinaan, hasil pemantauan, hasil evaluasi dan bagaimana tindak lanjut hasil pengawasan.
  2. Penyajian dan diskusi menjelaskan tentang prosedur penyusunan program pengawasan sekolah.
  3. Diskusi dan urun rembuk dengan peserta tentang penyusunan laporan pengawasan sekolah untuk sekolah kategori standar atau kategori mandiri.
  4. Diskusi kelompok dan praktek penyusunan program dan laporan hasil pengawasan sekolah.
  5. Presentasi kelompok.
3. Penutup 
a. Rangkuman tentang materi penyusunan program dan hasil pengawasan sekolah.
b. Penilaian, refleksi, dan umpan balik peserta
c. Tindak lanjut.

PENILAIAN HASIL PELATIHAN
1. Penilaian proses, meliputi:
Evaluasi sikap dan penampilan peserta selama mengikuti diklat dilakukan oleh penyelenggara diklat. Aspek-aspek yang dievaluasi meliputi:
(1) kedisiplinan,
(2) kepemimpinan (konsistensi, tanggung jawab, visioner, pemberdayaan, dan sikap demokratis),
(3) kerja sama,
(4) prakarsa dan performan presentasi hasil diskusinya
2. Penilaian hasil berupa penguasaan materi, dengan menggunakan instrumen soal-soal tes obyektif.

SUMBER, ALAT DAN MEDIA
  1. Sumber belajar :
-   Bahan ajar
-   Handout
-   Contoh-contoh Format/Tabel Program pengawasan sekolah.
2. Alat/Media:
             - Laptop;
             - LCD;
             - Witeboard;
             - Alat tulis lain.

Materi Diklat: Penyusunan Program dan Laporan Hasil Pengawasan Sekolah
Waktu: 45 Menit
  1. Lakukan identifikasi unsur program pengawasan sekolah.
  2. Bagaimana siklus kegiatan pengawasan sekolah
  3. Bagaimana prosedur pengawasan sekolah
  4. Buatlah langkah-langkah pokok rancangan kegiatan pembinaan terhadap guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai proses pembelajaran. 
  5. Buatlah sistematika laporan hasil pengawasan yang paling efektif menurut anda.

Littlre snake pin