ACTION PLAN
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON PENGAWAS SEKOLAH
No
|
Kompetensi
|
Tujuan
|
Target
|
Pelaksanaan
|
||
Waktu
|
Tempat
|
Media
|
||||
1
|
Penyusunan
Program
|
Peserta diklat
dapat menyusun program tahunan, semester yang mengacu pada 8 standar
|
Tersusunnya
program pengawas
|
4 jam
|
|
LCD, laptop,
Alat Tulis
|
2
|
Penyusunan
Laporan Kepengawasan
|
Peserta diklat
dapat membuat laporan hasil kepengawasan.
|
Pengawas dapat
menyusun laporan pada akhir kegiatan pengawasan
|
4 jam
|
|
LCD, laptop,
Alat Tulis
|
3
|
Metode Kerja
|
Mengetahui
berbagai metode kerja yang akan digunakan sesuai kegiatan yang akan dilakukan
|
Dapat
menerapkan metode dalam menilai, membina dan memantau sekolah
|
2 jam
|
|
LCD, laptop,
Alat Tulis
|
4
|
Penyusunan
Instrumen Pengawasan
|
Dapat menyusun
instrumen sesuai indikator program yang ditetapkan dalam program kerja
|
Tersusunnya
Instru- men yang akan digunakan untuk supervisi
|
4 jam
|
|
LCD, laptop,
Alat Tulis
|
5
|
Monitoring Pelaksa-naan Standar Pendi-dikan
Nasional
|
Memahami
prinsip monitoring sesuai standar pendidikan nasional
|
Dapat menyusun
strategi monitoring Standar Nasional
|
2 jam
|
|
LCD, laptop,
Alat Tulis
|
6
|
Monitoring
persiapan Akreditasi Sekolah
|
Memahami
aspek-aspek akreditasi sekolah
|
Sekolah binaan
lulus akreditasi
|
2 jam
|
|
LCD, laptop,
Alat Tulis
|
7
|
Pengelolaan
Admi-nistrasi Sekolah dan MBS
|
Memahami/menguasai adminstrasi sekolah
meliputi: kurikulum, peserta didik, ketenagan, sarana
dan prasarana, keuangan, bimbingan dan konseling serta hubungan sekolah
dengan masyarakat.
|
Mampu membina sekolah dalam pengelolaan dan
administrasi satuan pendi-dikan berda-sarkan manajemen pening-katan mutu berbasis sekolah.
|
4 jam
|
|
LCD, laptop,
Alat Tulis
|
8
|
Metode dan
Teknik Supervisi
|
Mampu memahami
dan mengembangkan metode dan teknik supervisi
|
Dapat
melaksanakan supervisi
|
3 jam
|
|
LCD, laptop,
Alat Tulis
|
9
|
Simulasi pende-katan
supervisi manejerial
|
Mampu
melaksanakan supervisi manejerial
|
Dapat
melaksanakan supervisi manejarial
|
2 jam
|
|
LCD, laptop,
Alat Tulis
|
10
|
Penyusunan
Program BK
|
Memahami
konsep, pro-gram, evaluasi, program BK
|
Mampu membina ke-pala
sekolah dan guru dalam melak-sanakan bimbingan dan konseling
|
2 jam
|
|
LCD, laptop,
Alat Tulis
|
11
|
Laporan Hasil
BK
|
Dapat menyusun
Laporan BK
|
Tersusunnya
laporan BK pada akhir tahun
|
2 jam
|
|
LCD, laptop,
Alat Tulis
|
SATUAN ACARA PELATIHAN
IDENTITAS
a. Nama
Pelatihan : Diklat Calon Pengawas
Sekolah/Madrasah
b.
Angkatan/Kluster : I
c. Dimensi
Kompetensi : Supervisi
Manajerial
d. Nama Mata Diklat : 1. Penyusunan
Program dan Laporan Hasil
Pengawasan.
e. Jumlah Jam :
8 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI
1.
Memiliki wawasan tentang penyusunan program pengawasan
sekolah.
2.
Menyusun model program dan laporan hasil pengawasan
sekolah
3.
Mampu memberikan pelatihan penyusunan program dan laporan
hasil pengawasan
KOMPETENSI DASAR
Kompetensi yang
akan dicapai setelah menyelesaikan materi pelatihan ini adalah, diharapkan peserta
dapat melatih calon pengawas sekolah dalam menyusun program dan laporan hasil
pengawasan sekolah baik untuk sekolah kategori standar atau kategori mandiri.
Indikator Pencapaian Kompetensi (trainer)
a.
Memahami konsep dasar dan tujuan penyusunan program
pengawasan sekolah
b.
Menguasai prosedur penyusunan program pengawasan sekolah
c.
Menyusun program pengawasan sekolah untuk sekolah
kategori standar maupun kategori mandiri.
d.
Menyusun laporan pengawasan sekolah
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti Diklat ini peserta mampu menyusun program pengawasan dan laporan
hasil pengawasan yang mengacu pada standar nasional pendidikan.
Materi Diklat
Ruang lingkup materi
penyusunan program pengawasan dan laporan hasil pengawasan sekolah, berupa:
1. analisis kebutuhan
(identifikasi temuan masalah pengawasan sebelumnya)
2. perumusan indikator
keberhasilan penyusunan program
pengawasan sekolah.
3. penyusunan program
pengawasan sekolah meliputi pelaksanaan, mengevaluasi hasil pengawasan sekolah,
merumuskan dan menyusun program kerja pengawasan sekolah
4.
menyusun laporan pelaksanaan
delapan standar nasional pendidikan pada sekolah binaan. Diskusi tentang
ALOKASI WAKTU
Alokasi waktu
untuk materi diklat ini adalah 8 jam, @ = 45 menit, yang dibagi kedalam 1 jam pretes, 3 jam teori dan tanya jawab, 3
jam diskusi dan presentasi kelompok penyusunan program pengawasa dan pelaporan
hasil, dan 1 jam untuk postes.
METODE PENYAJIAN
1.
Eksplorasi penguasaan peserta tentang apa, mengapa,
bagaimana tugas pengawasan sekolah.
2.
Diskusi dan tanya jawab dalam pengembangan materi penyusunan
program pengawasan sekolah sesuai dengan tugas pokok pengawas yaitu
melaksanakan pembinaan, pemantauan, dan penilaian terhadap guru, kepala sekolah
dan tenaga kependidikan lainnya serta penilaian terhadap kinerja satuan
pendidikan.
3.
Diskusi dan tanya jawab tentang prosedur pelaksanaan
supervisi akademik dan supervisi manajerial dikaitkan 8 (delapan) standar
nasional pendidikan.
4.
Diskusi dan tanya jawab tentang program pengawasan untuk
sekolah kategori standar atau kategori mandiri.
5.
Praktek penyusunan program dan hasil pengawasan sekolah.
KEGIATAN PELATIHAN
1. Pendahuluan, berupa:
a.
Eksplorasi mengenai Tupoksi Pengawas dan Kompetensi
Pengawas sebagai acuan Penyusunan Program dan Laporan Hasil Kepengawasan Diklat Calon Pengawas
b.
Ekplorasi mengenai penguasaan peserta tentang materi
penyusunan program dan hasil pengawasan sekolah.
2. Inti
- Presentasi dan diskusi pokok-pokok materi penyusunan
program dan laporan hasil
pengawasan sekolah meliputi konsep dasar dan tujuan penyusunan program
pengawasan sekolah, identifikasi hasil pengawasan sekolah berupa
identifikasi hasil pembinaan, hasil pemantauan, hasil evaluasi dan
bagaimana tindak lanjut hasil pengawasan.
- Penyajian dan diskusi menjelaskan tentang prosedur
penyusunan program pengawasan sekolah.
- Diskusi dan urun rembuk dengan peserta tentang
penyusunan laporan pengawasan sekolah untuk sekolah kategori standar atau
kategori mandiri.
- Diskusi kelompok dan praktek penyusunan program dan
laporan hasil pengawasan sekolah.
- Presentasi kelompok.
3. Penutup
a. Rangkuman tentang materi penyusunan program dan hasil pengawasan
sekolah.
b. Penilaian, refleksi, dan umpan balik peserta
c. Tindak lanjut.
PENILAIAN HASIL PELATIHAN
1. Penilaian proses, meliputi:
Evaluasi
sikap dan penampilan peserta selama mengikuti diklat dilakukan oleh
penyelenggara diklat. Aspek-aspek yang dievaluasi meliputi:
(1) kedisiplinan,
(2) kepemimpinan (konsistensi, tanggung jawab, visioner,
pemberdayaan, dan sikap demokratis),
(3) kerja sama,
(4) prakarsa dan performan presentasi hasil diskusinya
2. Penilaian hasil berupa penguasaan materi, dengan menggunakan instrumen
soal-soal tes obyektif.
SUMBER, ALAT DAN MEDIA
- Sumber belajar :
- Bahan
ajar
- Handout
- Contoh-contoh
Format/Tabel Program pengawasan sekolah.
2. Alat/Media:
- Laptop;
-
LCD;
-
Witeboard;
- Alat tulis lain.
Materi
Diklat: Penyusunan Program dan Laporan Hasil Pengawasan Sekolah
Waktu:
45 Menit
- Lakukan identifikasi unsur program pengawasan
sekolah.
- Bagaimana siklus kegiatan pengawasan sekolah
- Bagaimana prosedur pengawasan sekolah
- Buatlah langkah-langkah pokok rancangan kegiatan
pembinaan terhadap guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai
proses pembelajaran.
- Buatlah sistematika laporan hasil pengawasan yang
paling efektif menurut anda.