Sabtu, 23 Juni 2012

PROFESSIONALITY IDENTITY AND THE FUTURE of REHABILITATION COUNSELING



(Identitas Profesional dan Masa Depan Konseling Rehabilitasi)

A.    Review Jurnal
Berdasarkan jurnal yang ditulis oleh Jeane B. Patterson yang berjudul Professionality Identity and The Future of Rehabilitation Counseling ini menjelaskan visi konseling rehabilitasi, dimana dalam profesi konseling rehabilitasi dan beragam peran konselor rehabilitasi diakui dan dihargai tidak hanya oleh konselor rehabilitasi tetapi juga oleh masyarakat umum, dan profesional lain dalam memperkenalkan (memperjuangkan) keadilan sosial dan kesempatan yang sama bagi individu penyandang cacat. Menggunakan persamaan dengan psikologi, artikel ini menjelaskan peluang dan tantangan yang berhubungan dengan visibilitas dan sentralitas konseling rehabilitasi dalam masyarakat. Pemasaran (marketing) adalah elemen kunci dalam pergerakan atau perubahan konseling rehabilitasi dari kegiatan pinggiran (dipandang sebelah mata) menjadi kegiatan profesi yang dikenal oleh masyarakat secara luas dan profesi lain. Untuk mencapai hal tersebut rekomendasi yang bisa diberikan yaitu untuk membuat pusat konseling rehabilitasi untuk masyarakat termasuk asosiasi profesional rehabilitasi dan  bekerja sama dengan institusi lain guna a) memasarkan profesi, sehingga dapat meningkatkan peluang karir (kerja) bagi konselor rehabilitasi dan (b) memanfaatkan sumber daya untuk kebaikan bersama dengan tetap menghormati perbedaan-perbedaan.

Profesi Konseling Rehabilitasi adalah pelopor dalam gerakan akreditasi dan sertifikasi untuk konselor pada tahun 1960 yang memiliki identifikasi kuat dengan Undang-Undang Rehabilitasi tahun 1954, dan pemberi kerja utama konselor rehabilitasi adalah program negara federal (Patterson, Szymanski, & Parker, 2005). Perhatian yang lebih baru difokuskan pada lisensi keadaan konselor rehabilitasi dan kejelasan mengenai konseling rehabilitasi adalah profesi atau spesialisasi dari profesi konseling. Glenn, 2006; Patterson, McFarlane, & Sax , 2005 menyatakan bahwa pemeriksaan ulang terhadap identitas profesional konselor rehabilitasi dan masa depan konseling rehabilitasi yang diperlukan mengidentifikasi peluang tambahan dan tantangan, dan menawarkan rekomendasi untuk memperkuat identitas profesional konselor rehabilitasi.

Sebuah Visi untuk Konseling Rehabilitasi
Dalam artikelnya, "The Future Belongs to Psychology," Bapak Psikologi Sosial Inggris membahas psikologi pada area persamaan konseling rehabilitasi. MacKay mendesak langkah dari psikologi yang "margin" menjadi psikologi yang berpusat pada memasyarakatkan manusia mencakup pendidikan, kesehatan, industri dan perdagangan, rekreasi, hukum dan ketertiban. Untuk mencapai tema “Bringing Psychology to Society”, ia mengidentifikasi tiga tujuan:"membina ikatan umum di antara semua psikolog, meningkatkan profil psikologi dalam masyarakat, dan mempromosikan nilai-nilai kesempatan yang sama dan keadilan sosial" (hal. 466).
Jika hal ini tujuan ini tidak dapat tercapai dapat berakibat sebagai berikut:
1.     sebuah disiplin yang lemah dan terpecah menjadi aliran-aliran kelompok yang berbeda dengan minimnya dinamika dan ikatan bersama
2.     sedikit atau tidak memiliki wilayah ekslusif, dan tidak mempunyai dampak atau pengaruh pada masyarakat
3.     dapat memunculkan ketegangan karena keragaman yang berlebihan.
Tujuan tersebut memiliki implikasi untuk konseling rehabilitasi yaitu membentuk sebuah visi konseling rehabilitasi “Menjadikan profesi konseling rehabilirasi dan keberagaman peran konselor mendapat pengakuan dan dihargai oleh konselor rehabitasi, masyrakat umum, dan professional lain dalam mempromosikan keadilan sosial dan kesempatan yang sama bagi individu penyandang cacat.”

Posisi Strategis
Profesi konseling rehabilitasi idealnya harus mencapai atau melampaui upaya pemasaran profesi lain (misalnya, perawatan, terapi okupasi, kerja sosial). Meskipun profesi konseling rehabilitasi memiliki kode etik, akreditasi, sertifikasi nasional, dan lisensi khusus di beberapa negara, upaya pemasaran yang terpadu yang ada seperti oleh: Dewan Pendidikan Rehabilitasi, yang memproduksi brosur sekarang sudah ketinggalan zaman pada konseling rehabilitasi, dan rehabilitasi Layanan Administrasi yang berhubungan dengan program yang telah menghasilkan bahan pemasaran yang berfokus pada satu lingkungan kerja,  program rehabilitasi negara federal. Meskipun kekurangan konselor rehabilitasi , namun jumlah pengaturan pekerjaan lain untuk konselor rehabitasi terus berkembang. Konselor rehabilitasi dalam posisi unik untuk memiliki akses ke metode, sistem penilaian, dan sumber daya yang lain untuk membantu pekerja yang lebih tua. Misalnya pada veteran yang kembali ke rumah dengan kondisi cacat yang berat.  Psikolog & konselor kesehatan mental secara aktif mengenalkan peran mereka dengan mengatasi gangguan stress pasca trauma. Sedangkan konselor rehabilitasi membantu individu penyandang cacat ganda terkait:
1.     Kesiapan kerja, pemasaran dan penempatan kerja
Membantu individu untuk mempersiapkan dan mencari pekerjaan
2.     Hidup mandiri
Penyediaan layanan hidup mandiri untuk meningkatkan kualitas kehidupannya dan keluarga.
Wilayah kerja tersebut pada masa sebelumnya merupakan konseling psikolog. Selain itu jalan keluar lainnya untuk konselor rehabilitasi menerima perhatian lebih yaitu dengan bertambahnya lingkup kerja konselor rehabilitasi termasuk konsultasi, praktik berlisensi, penanganan penyandang cacat, para ahli kejuruan, sekolah berbasis transisi, universitas sumber daya penyandang cacat, manajemen kasus, rehabilitasi forensic, dan perencanaan perlindungan (perawatan) kehidupan.
Tantangan pemasaran yang harus diatasi konseling rehabilitasi untuk menjadi pusat masyarakat adalah bahwa profesi konseling rehabilitasi belum diakui sebagai pilihan utama pengusaha untuk mengurangi kecacatan yang berhubungan dengan biaya (Rosenthal & Olsheski, 199: 37)

Fokus Kecacatan dan Pentransferan Ketrampilan
Patterson, Szymanski, dan Parker (2005) berpendapat bahwa "pengetahuan khusus kecacatan dan faktor lingkungan yang berinteraksi dengan kecacatan, serta berbagai pengetahuan dan keterampilan selain konseling, membedakan konselor rehabilitasi dari konselor lain". Jenkins dan Strauser (1999) muncul untuk menantang keyakinan dan mendorong perluasan  "horisontal" dari peran konselor rehabilitasi agar visi dari konseling rehabilitasi dapat tercapai. Pengetahuan konselor rehabilitasi, keterampilan, dan pelayanan yang komprehensif dan berlaku untuk hampir semua kelompok, termasuk orang yang normal.  Misalnya, identifikasi seorang perawat dan perawat terdaftar bisa parallel menjadi konselor rehabilitasi dan menunjukkan CRC (certificate of rehabilitation counselor) dengan tugas tambahan  area khusus konseling rehabilitasi (misalnya, rehabilitasi forensic, manajemen kasus, manajemen cacat). Selain itu, rehabilitasi asosiasi konseling tidak harus menjadi satu-satunya sumber usaha pemasaran untuk menciptakan kebutuhan rehabilitasi visibilitas konseling.
Dengan penekanan berubah dalam standar CORE ke daerah yang lebih umum (misalnya, pengembangan manusia) untuk menyelaraskan mereka dengan standar CACREP, profesi konseling rehabilitasi telah melemahkan posisinya dalam mempromosikan konselor rehabilitasi sebagai individu kunci dengan pengetahuan tentang isu-isu penyandang cacat, manajemen kasus, penempatan, konsultasi, evaluasi kapasitas fungsional, dan konseling kejuruan (lihat Patterson, McFarlane, & Sax, 2005, tabel 1, hal. 206). Penekanan kecacatan perlu dinilai kembali dan dipromosikan. Ini adalah apa yang membuat konselor rehabilitasi yang berbeda dan tidak menghalangi aplikasi dari pengetahuan dan keterampilan dalam pengaturan yang beragam

Lisensi Tidak Menjamin Visibilitas
Mungkin ketegangan terbesar dan fokus terbaru dalam profesi konseling rehabilitasi berkaitan dengan peran lisensi. Leahy (2002) berpendapat, "Sebagai pendidik kita diwajibkan untuk tetap fokus pada kebutuhan siswa karena mereka mengejar karir pasca-sarjana"(hal. 384). Tidak ada konselor rehabilitasi profesional akan memperdebatkan pernyataan ini, tetapi pelaksanaannya telah sangat diperdebatkan. Setiap negara memiliki persyaratan lisensi yang berbeda, dan tidak diragukan lagi bahwa pendidik yang paling mengetahui tentang persyaratan perizinan negara mereka sendiri dan perbedaan antara negara-negara.
Siswa harus menjadi pembelajar seumur hidup dan tahu bahwa pencapaian gelar master merupakan awal, bukan akhir, dalam hal persyaratan untuk karir pascasarjana. Jam pengawasan, tahun pengalaman, dan variabel lain mempengaruhi kemampuan setiap individu untuk memperoleh pekerjaan tertentu. Seorang individu yang tidak memiliki pengalaman kerja dalam konseling rehabilitasi jarang akan dipekerjakan sebagai ahli kejuruan. Masyarakat umum sadar akan kekurangan perawat tetapi tidak menyadari kekurangan konselor rehabilitasi. Masa depan profesi konseling rehabilitasi akan lebih kuat jika upaya pemasaran berfokus pada lebih dari lisensi.

Melangkah ke Depan
Konseling rehabilitasi  sudah semestinya mefokuskan beberapa organisasi profesional, hal ini terkait dengan beberapa langkah yang mendasari seperti langkah pertama yaitu dengan memperkenalkan rencana produk konseling  yang akan di pasarkan, langkah yang kedua yaitu memamerkan produk konseling rehabilitasi  melalui media elektronik maupun cetak dan anggotanya  harus memiliki tanggung jawab, agar tidak memiliki kesulitan yang besar bagi kelompok mana pun, konseling rehabilitasi memerlukan suatu cerita yang berfokus pada konseling rehabilitasi, seperti cerita tentang masyarakat agar diakui adanya konseling rehabilitasi.
Konseling rehabilitasi yang terpenting adalah fokus terhadap ikatan bersama, penghargaan terhadap adanya perbedaan,walau pun banyak bebagai isu yang mendasari, tetapi  konselor tetap semangat dalam memberikan layanan baik individu maupun kelompok, semangat tersebut  dapat bernilai, dihargai, dipahami, dan berpusat pada kesuksesan dalam konseling rehabilitasi sosial.

B.    Keterkaitan dengan Konseling Rehabilitasi Sosial
Dari apa yang dibahas dalam jurnal Jeane B. Patterson yang berjudul Professionality Identity and The Future of Rehabilitation Counseling ini menjelaskan visi konseling rehabilitasi, dimana dalam profesi konseling rehabilitasi dan beragam peran konselor rehabilitasi diakui dan dihargai tidak hanya oleh konselor rehabilitasi tetapi juga oleh masyarakat umum, dan profesional lain dalam memperkenalkan (memperjuangkan) keadilan sosial dan kesempatan yang sama bagi individu penyandang cacat. Perkembangan konseling rehabilitasi di negara barat khususnya Amerika mempengaruhi perkembangan konseling rehabilitasi di Indonesia. Meskipun munculnya konseling rehabilitasi jauh setelah konseling rehabilitasi di Amerika berkembang.
Munculnya konseling rehabilitasi sosial di Indonesia tidak bisa lepas dari sejarah masuknya bimbingan dan konseling di Indonesia. Pada awal tahun 1960 di beberapa sekolah dilaksanakan program bimbingan yang terbatas pada bimbingan akademis. Kemudian pada tahun1963 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan diteruskan oleh Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan membuka Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan yang sekarang dikenal di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan nama Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB). Pada tahun 1964, lahir Kurikiulum SMA Gaya Baru, dengan keharusan melaksanakan program bimbingan dan penyuluhan. Tetapi, program ini tidak berkembang karena kurang persiapan prasyarat, terutama kurangnya tenaga pembimbing yang profesional. Secara formal bimbingan dan konseling diprogramkan di sekolah sejak diberlakukannya kurikulum 1975 yang menyatakan bahwa bimbingan dan penyuluhan merupakan bagian integral dalam pendidikan di sekolah. Pada tahun 1975 berdiri ikatan Petugas Bimbingan Indonesia (IPBI) di Malang. IPBI ini memberikan pengaruh terhadap perluasan program bimbingan di sekolah. Sejak akhir decade 1990-an di organisasi profesi ramai dikaji profesionalisasi BK karena kenyataan yang menunjukkan bahwa kinerja konselor masih jauh dibawah standar profesi. Tahun 2001 terjadi perubahan nama organisasi Ikatan Petugas Bimbingan Indonesia (IPBI) menjadi Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN). Pemunculan nama ini dilandasi terutama oleh pemikiran bahwa bimbingan dan konseling harus tampil sebagai profesi yang mendapat pengakuan dan kepercayaan publik. Kemudian tahun 2005 ditetapkan SKKI dimana di dalamnya dinyatakan bahwa konseling rehabilitasi merupakan bagian dari wilayah kekhususan dari konseling, tetapi kompetensi apa yang harus dikuasai konselor rehabilitasi sosial belum dijelaskan (Mulawarman, 2011: 21).
Pada awalnya konseling rehabilitasi diidentikan dengan pelayanan kepada penyandang cacat. Sasaran konseling rehabilitasi juga belum dipaparkan secara jelas seperti pada UU No. 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial. Namun tuntutan untuk terus meningkatkan eksistensi dan identitas profesionalitasnya didalam masyarakat konseling rehabilitasi mulai merambah pada konseling rehabilitasi sosial yang sasarannya tidak hanya penyandang cacat namun juga seseorang yang mengalami kondisi kemiskinan, ketelantaran, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, serta yang memerlukan perlindungan khusus. Hal ini terbukti dengan pembaharuan terhadap UU No. 11 Tahun 2009 yang telah disempurnakan pada UU 39 Tahun 2012 Tentang Kesejahteraan Sosial yang lebih rinci.

DAFTAR PUSTAKA
Jeanne B. Patterson. 2008. Professional Identity and The Future of Rehabilitation Counseling. Journal id Applied Rehabilitation Counseling. 39 (4), 60-63.
Mulawarman. 2011. Konseling Rehabilitasi Sosial. Semarang: Diktat.

Littlre snake pin