Senin, 14 Mei 2012

TEKNIK PSIKODRAMA


A.   Asumsi Dasar Psikodrama
Teknik ini dikembangkan oleh JL Moreno pada tahun 1920an s/d 1930an. Moreno mengungkapkan bahwa permainan drama pada psikodrama ini tanpa naskah dan bagian-bagian yang tidak diulang adalah suatu katarsis (bentuk mengekspresikan/meluapkan perasaan) ketika ia melakonkan suatu peran dalam kehidupan sehari-hari.
Psikodrama yaitu suatu cara mengekplorasi jiwa manusia melalui aksi dramatik artinya memainkan sebuah peran tetapi tidak bersungguh-sungguh.
B.   Pengertian Psikodrama
Psikodrama merupakan permainan peranan yang dimaksudkan agar individu yang bersangkutan dapat memperoleh pengertian lebih baik tentang dirinya, dapat menemukan konsep pada dirinya, menyatakan kebutuhannya-kebutuhannya, dan menyatakan reaksinya terhadap tekanan-tekanan terhadap dirinya (Gerald Corey).
Drama dalam bahasa Yunani berarti aksi atau melakukan sesuatu dengan dorongan jiwa. Jadi, psikodrama adalah ilmu yang mengeksplor suatu masalah dengan metode drama.
Psikodrama adalah metode pembelajaran dengan bermain peran yang bertitik tolak dari permasalahan – permasalahan psikologis.Psikodrama bisanya digunakan untuk terapi, yaitu agar siswa memperoleh  pemahaman yang lebih baik tentang dirinya, menemukan konsep diri, menyatakan reaksi terhadap tekanan–tekanan yang dialaminya
Jadi berdasarkan beberapa pengertian diatas, definisi psikodrama adalah tehnik bermain peran guna upaya pemecahan masalah psikis yang dialami oleh individu dan dituangkan dalam bentuk permainan peran dengan menggunakan metode drama.
C.   Tujuan Psikodrama
Tujuan dari psikodrama ini adalah membantu konseli atau sekelompok konseli untuk mengatasi masalah masalah pribadi dengan cara menggunakan permainan peran, drama, atau terapi tindakan. Lewat cara cara itu konseli di bantu untuk mengungkapkan perasaan tentang konflik, kemarahan, agresi, perasaan bersalah dan kesedihan.
Psikodrama merupakan permainan peranan yang dimaksudkan agar individu yang bersangkutan dapat memperoleh pengertian lebih baik tentang dirinya, dapat menemukan konsep pada dirinya, menyatakan kebutuhannya-kebutuhannya, dan menyatakan reaksinya terhadap tekanan-tekanan terhadap dirinya (Corey dalam Romlah, 2001:107).
Teknik dramatik, manusia dapat berusaha menciptakan atau menciptakan kembali suasana fisik dan emosional yang dikehendaki dan yang harus dipahami adalah bahwa keaktifan dalam psikodrama tidak dimonopoli oleh konselor atau terapis tetapi juga anak. Untuk memperoleh pengertian yang baik tentang dirinya sehingga dapat menemukan konsep dirinya, kebutuhan-kebutuhannya dan reaksi-reaksi terhadap tekanan yang dialaminya
Dengan mendramatisasikan konflik-konflik batinnya, pasien dapat merasa sedikit lega dan dapat mengembangkan pemahaman (insight) baru yang memberinya kesanggupan untuk mengubah perannya dalam kehidupan yang nyata.
D.   Peran Konselor dalam Psikodrama
Konselor dalam psikodarama berperan sebagai sutradara yang memiliki banyak peran. Sutradara berperan sebagai produser, fasilitator, pengamat, dan seorang analis. Seorang sutradara seyogianya membangun keterampilannya dalam tiga bidang yang saling tergantung, yaitu:
1.      Pengetahuan tentang metode-metode, prinsip-prinsip, dan teknik-teknik.
2.     Pemahaman tentang teori kepribadian dan hubungannya dengan pengembangan pembentukan filosofi hidup.
3.     Pematangan dan perkembangan kepribadiannya sendiri. Ia juga menambahkan bahwa ilmu pengetahuan yang luas tentang hidup dan hakikat manusia, seorang sutradara diharapkan memiliki kerja khusus dalam bidang pokok seperti psikologi umum, proses kelompok, psikologi humanistik, teori komunikasi, dan komunikasi nonverbal.
Sutradara berfungsi untuk menyelenggarakan tugas-tugas seperti memimpin pengalaman pemanasan, mendorong pengembangan kepercayaan dan spontanitas, menetapkan struktur, agar protagonist dapat mengidentifikasi dan bekerja berdasarkan pokok-pokok pikiran yang signifikan dalam hidup mereka, melindungi konseli dari terbius oleh orang lain dan membawakan beberapa bentuk penghentian sesi kelompok. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut dengan benar, sutradara yang potensial seyogianya sudah mengalami banyak psikodrama dan mendapatkan supervisi langsung dari sutradara yang lebih berpengalaman. Secara menyeluruh, sutradara kelompok yang efektif memiliki tiga kualitas, yaitu: 1) kreativitas, 2) dorongan, dan 3) kharisma. Individu seperti ini akan bekerja keras untuk kebaikan kelompok dan senantiasa berani mengambil resiko untuk membantu konseli mencapai tujuan.
E.   Manfaat Psikodrama
Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari teknik psikodrama diantaranya:
1.   Manfaat katasis atau melepaskan emosi.
2.   Bisa melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain.
3.   Dapat mempertinggi perhatian konseli melalui adegan-adegan, hal mana tidak selalu terjadi dalam metode ceramah atau diskusi.
4.   Konseli tidak saja mengerti persoalan sosial psikologis, tetapi mereka juga ikut merasakan perasaan dan pikiran orang lain bila berhubungan dengan sesama manusia, seperti halnya penonton film atau sandiwara, yang ikut hanyut dalam suasana film seperti, ikut menangis pada adegan sedih, rasa marah, emosi, gembira dan lain sebagainya.
5.   Konseli dapat menempatkan diri pada tempat orang lain dan memperdalam pengertian mereka tentang orang lain.
F.   Komponen dalam Psikodrama
Komponen yang ada dalam teknik psikodrama diantaranya:
1.   Panggung permainan (Stage):
a.   Tempat untuk beraksi atau tempat sebagai permainan psikodrama berlangsung.
b.  Untuk panggung permainan hendaknya cukup luas untuk member ruang gerak bagi pemeran dalam permainan psikodrama.
c.   Tempat tiruan harus merupakan tiruan atau paling tidak secara simbolis mewakili adegan-adegan yang diuraikan klien.
d.  Jika tidak ada panggung untuk permainan
2.  Pemimpin Psikodrama:
a.    Dalam psikodrama yang menjadi pemimpin kelompok adalah konselor atau terapis, pemimpin kelompok bisa dikatakan sebagai sutradara.
b.    Peranan pemimpin kelompok ini sebagai fasilitas, procedure dan pengamat/penganalisis.
c.    Pemimpin kelompok memiliki sifat kreatif, berani dan memiliki kharisma.
d.    Tugas dari pemimpin kelompok ini adalah membantu pemegang peran utama, merencanakan pelaksanaan, mengamati dengan cermat perilaku pemain utama selama psikodrama berlangsung, membantu klien mengungkapkan perasaan secara bebas dan membuat interpretasi.
3.  Pemeran Utama (Protagonist):
a.    Peran utama (protagonist) disini sebagai subjek utama dalam pemeran psikodrama.
b.    Peran utama ini memiliki sifat yang spontan dalam memainkan dramanya.
c.    Tugas dari pemain utama ini adalah memainkan kembali kegiatan penting yang dialami waktu lampau, sekarang, dan situasi yang diperkirakan akan terjadi, menentukan kejadian atau masalah yang akan dimainkan, melakukan peran secara spontan, memilih dan mengejar pemain lain yan terpilih terhadap peran apa yang dimainkan berdasarkan masalah protagonist.
4.  Pemeran Pembantu (Auxilari egos)
a.    Pemeran pembantu sebagai objek lain atau orang lain yang berarti dalam permainan tersebut bisa pula disebut sebagai actor.
b.    Fungsi pemeran pembantu untuk menggambarkan peranan-peranan tertentu yang mempunyai hubungan dekat dengan protagonist dalam kehidupan sebenarnya.
5.  Penonton (Audience):
a.    Yang menjadi penonton (audience) yaitu anggota-anggota kelompok yang tidak menjadi pemeran utama atau pemeran pembantu.
b.    Memiliki tugas memberikan dukungan/feedback  dan memberikan bahkan kepada protagonist.
c.    Penonton juga membantu peran utama (protagonist) dalam memahami akibat perilaku protagonist.
G.   Kelebihan dan Kekurangan Psikodrama
1.   Kelebihan
a.    Mengembangkan kreativitas siswa (dengan peran yang dimainkan siswa dapat berfantasi)
b.    Memupuk kerjasama antara siswa.
c.    Menumbuhkan bakat siswa dalam seni drama.
d.    Siswa lebih memperhatikan pelajaran karena menghayati sendiri.
e.    Memupuk keberanian berpendapat di depan kelas.
f.    Melatih siswa untuk menganalisa masalah dan mengambil kesimpulan dalarn waktu singkat.
2.   Kekurangan
a.    Adanya kurang kesungguhan para pemain menyebabkan tujuan tak tercapai.
b.    Pendengar (siswa yang tak berperan) sening mentertawakan tingkah laku pemain sehingga merusak suasana.
H.   Tahap-tahap atau Langkah-langkah Psikodrama
Langkah-langkah pelaksanaan psikodrama diantaranya:
1.   Tahap persiapan (The warm-up). Tahap persiapan dilakukan untuk memotivasi anggota kelompok agar mereka siap berpartisipasi secara aktif dalam permainan, menentukan tujuan permainan, menciptakan perasaan aman dan saling percaya pada kelompok.
a.      Pemimpin kelompok memberikan uraian singkat mengenai hakikat dan tujuan psikodrama.
b.     Mewawancarai anggota kelompok tentang kejadian-kejadian pada saat ini atau lampau.
c.      Meminta anggota kelompok untuk membentuk kelompok-kelompok kecil dan mendiskusikan kelompok-kelompok yang pernah mereka alami, yang ingin mereka kemukakan dalam psikodrama.
2.   Tahap pelaksanaan (The action). Tahap pelaksanaan tediri dari kegiatan dimana pemain utama dan pemain pembantu memperagakan permainannya. Dengan bantuan pemimpin kelompok dan anggota kelompok lain pemeran utama memperagakan masalahnya.
a.      Protagonist dan peran pembantu memainkan peranannya dalam psikodrama.
b.     Lama pelaksanaan tergantung pada penilaian pemimpin kelompok terhadap tingkat keterlibatan emosional protagonist dan pemain lainnya.
3.   Tahap diskusi atau tahap berbagi pendapat dan perasaan (The sharing). Dalam tahap diskusi atau tahap bertukar pendapat dan kesan, para anggota kelompok diminta untuk memberikan tanggpan dan sumbangan pikiran terhadap permainan yang dilakukan oleh pemeran utama. Tahap diskusi ini penting karena merupakan rangkaian proses perubahan perilaku pemeran utama kearah keseimbangan pribadi.
a.   Pemimpin kelompok meminta para anggota kelompok untuk memberikan tanggapan dan brainstorm terhadap permainan pemeran protagonis.
b.  Pemimpin kelompok memimpin diskusi dan mendorong sebanyak mungkin anggota kelompok memberikan balikannya.
c.   Pemimpin kelompok menetralisir balikan yang bersifat menyerang atau menjatuhkan protagonis.
I.    Teknik-teknik dalam Psikodrama
Sebenarnya banyak teknik psikodrama, tetapi berikut ini hanya beberapa teknik utama yang dikemukakan sebagai berikut:
1.    Creative imagery, teknik pemanasan untuk mengundang peserta psikodrama membayangkan babak dan objek yang menyenangkan dan netral, ide teknik ini membantu peserta menjadi lebih spontan.
2.    The magic shop, teknik pemanasan yang berguna bagi protagonist yang ragu tentang nilai mereka dan tujuan.
3.    Sculpting, konseli kelompok menggunakan metode nonverbal untuk menyusun orang lain dalam kelompok konfigurasi seperti kelompok orang yang signifikan yang sesuai dengan orang-orang dalam keluarganya dan sebagainya. Penyusunan ini melibatkan postur tubuh dan membantu konseli melihat, mengetahui persepsi mereka tentang orang lain yang signifikan dengan cara yang lebih dinamis.
4.    Teknik berbicara, teknik ini melibatkan protagonist memberi suatu monolog tentang situasinya.
5.    Monodrama (autodrama), bentuk inti terapi gestalt. Dalam teknik ini, protagonist memainkan semua bagian tindakan yang jelas; tidak terdapat ego pembantu yang digunakan.
6.    The double and multiple double techniques, suatu teknik yang terdiri atas pengambilan peran aktor dari ego protagonist dan membantu protagonist mengekspresikan perasaan sesungguhnya secara lebih jelas. Jika protagonist memiliki perasaan ragu, maka teknik multiple double dapat digunakan.
7.    Role reversals, teknik dimana protagonist memindahkan peran dengan orang lain pada tahap dan memainkan bagian orang itu; konseli kelompok berbuat bertentangan dengan apa yang mereka rasakan.
8.    Teknik cermin, protagonist memperhatikan dari luar tahap sementara seorang ego pembantu mencerminkan kata-kata, mimik, dan postur protagonist. Teknik ini dipakai pada fase tindakan untuk membantu protagonist melihat dirinya secara lebih akurat.

Daftar pustaka:
Wingkel. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia
Djumhur & Moh. Surya. 2001. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: CV ILMU
Hurlock, E.B. 1980. Psikologi Perkembagan. Jakarta: Erlangga
Himcyoo. 2011. Psikodrama. On line at  http://himcyoo.wordpress.com/2011/05/18/psikodrama/ [accessed at 21/12/201]
Efa. 2010. Konseling kelompok dan psikodrama. On line at http://efakons.blogspot.com/2010/08/konseling-kelompok-psikodrama.html [accessed at 21/12/201]
Arjanto, Paul. 2011. Rancangan layanan bimbingan dan konseling. On line at http://paul-arjanto.blogspot.com/2011/01/rancangan-layanan-bimbingan-dan.html [accessed at 21/12/201]
Miss. 2011. Teknik sosiodrama dan psikodrama. On line at http://misscounseling.blogspot.com/2011/09/tehnik-sosiodrama-dan-psikodrama.html [accessed at 21/12/201]

Littlre snake pin