Senin, 09 Januari 2012

SATLAN-Upaya mengatasi rasa malas belajar


SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN

Sekolah    :    MTS Al Islam Gunung Pati Semarang
Kelas    :    VII
Semester    :    2 / genap


A.    Judul/spesifikasi layanan    : Upaya mengatasi rasa malas belajar
B.    Bidang bimbingan    : Belajar
C.    Jenis layanan        : Informasi
D.    Fungsi layanan        : Pemahaman
E.    Tujuan layanan        :
a.    siswa mengerti apa yang dimaksud dengan rasa malas atau kemalasan ( nilai rasa ingin tahu )
b.    siswa mampu memahami penyebab rasa malas ( nilai rasa ingin tahu)
c.    siswa mampu mengatasi rasa malas belajar yang dialaminya (nilai disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung-jawab )
F.    Materi layanan        :
a.    pengertian malas
b.    penyebab rasa malas belajar
c.    cara mengatasi rasa malas belajar
G.    Tempat penyelenggaraan    : Ruang kelas
H.    Alokasi waktu        : 1x40 menit
I.    Metode layanan        : tanya jawab, diskusi
J.    Kegiatan layanan        :
waktu    Kegiatan
5 menit    a.    Salam pembuka
b.    Pengemukakan maksud dan tujuan
30 menit    a.    pengertian malas
b.    penyebab rasa malas belajar
c.    cara mengatasi rasa malas belajar
c.    Diskusi kelompok
d.    Tanya jawab
5 menit    a.    Memotivasi siswa
b.    Salam penutup

K.    Media layanan        :
a.    Buku
c.    Papan tulis
d.    Alat tulis
e.    Power point
L.    Penilaian hasil layanan    :
a.    Proses    : mengamati siswa selama mengikuti layanan, mengungkapkan pemahaman siswa atas materi layanan yang telah diberikan
b.    hasil     : penilaian segera (laiseg), dengan memberikan angket kepada siswa setelah pelayanan
M.    Rencana tindak lanjut    :
a.    Bimbingan kelompok
b.    Konseling kelompok
N.    Sumber layanan        :
a.    Syah, Muhhibbin. 2003. Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
b.    Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan konseling studi dan karir. Jogjakarta: CV Andi Offset
c.    http://kangkhalifah.multiply.com/journal/item/32
d.    http://ahzami.wordpress.com/2008/06/13/empat-penyebab-anak-malas-belajar/
e.    http://rumahkusorgaku.multiply.com/journal/item/139
f.    http://1lmu.blogspot.com/2009/01/mengatasi-anak-malas-belajar.html
g.    http://www.tipskeluarga.com/2009/02/27/tips-mengatasi-anak-malas-belajar/

Semarang,             2011

Mengetahui,
Kepala sekolah,                perencana kegiatan layanan



   
NIP    NIP



UPAYA MENGATASI RASA MALAS BELAJAR

A.    Apa sih malas itu ?
Menurut kamus bahasa Indonesia, malas dijabarkan sebagai tidak mau berbuat sesuatu, segan, tak suka, tak bernafsu. Malas belajar berarti tidak mau, enggan, tak suka, tak bernafsu untuk belajar.
Jika anak-anak tidak suka belajar dan lebih suka bermain, itu berarti belajar dianggap sebagai kegiatan yang tidak menarik untuk mereka, dan mungkin tanpa mereka sadari juga dianggap sebagai kegiatan yang tidak ada gunanya atau untungnya karena bagi ana-anak tidak secara langsung dapat menikmati hasil belajar. Berbeda dengan kegiatan bermain, jelas-jelas kegiatan bermain menarik untuk anak-anak, dan keuntungannya dapat mereka rasakan secara langsung (perasaan senang yang dialami ketika bermain adalah suatu keuntungan).
Malas adalah sifat yang berbahaya. Kemalasan menyebabkan seseorang rugi. Rugi di dunia bahkan di akhirat. Orang yang malas, akan berdampak pada kurangnya prestasi dalam kehidupannya. Pelajar yang malas, tentu akan mendapat nilai yang rendah.
Pepatah lama mengatakan: rajin pangkal pandai. Bila diteruskan, tentu logikanya menjadi: malas pangkal bodoh. Selain itu, malas juga dapat menyebabkan berbagai macam malapetaka lain yang dapat merugikan dirinya sendiri dan bahkan orang lain disekelilingnya.
B.    Apa sih penyebab rasa malas belajar itu ?
Rasa malas terutama rasa malas belajar yang dirasakan tiap orang pasti selalu ada sebabnya. Diantara penyebab datangnya rasa malas yaitu ada faktor intrinsik dan ekstrinsik.
Faktor intrinsik tersebut yaitu:
1.    Kurangnya waktu yang tersedia untuk bermain
2.    Kelelahan dalam beraktivitas (misal terlalu banyak bermain atau membantu orang tua
3.    Sedang sakit
4.    Sedang sedih (bertengkar dengan teman sekolah, kehilangan barang kesayangan, dan sebagainyaa)
5.    IQ/EQ anak
Sedangkan faktor ekstrinsik diantaranya:
1.    Sikap orang tua yang tidak memperhatikan anak dalam belajar atau sebaliknya (terlalu berlebihan  memperhatikan), banyak orangtua yang menuntut anak belajar hanya demi angka (nilai) dan bukan atas dasar kesadaran dan tanggung jawab anak selaku pelajar. Memaksakan anak untuk les ini itu, dan sebagainya.
2.    Sedang punya masalah di rumah (misalnya suasana di rumah sedang "kacau" karena ada adik baru).
3.    Bermasalah di sekolah (tidak suka/phobia sekolah, sehingga apapun yang berhubungan dengan sekolah jadi enggan untuk dikerjakan).
Termasuk dalam hal ini adalah guru dan teman sekolah.
4.    Tidak mempunyai sarana yang menunjang blajar (misal tidak tersedianya ruang belajar khusus, meja belajar, buku penunjang , dan penerangan yang bagus.alat tulis, buku, dan sebagainya)
5.    Suasana rumah, misalnya rumah penuh dengan kegaduhan, keadaan rumah yang berantakan ataupun kondisi udara yang pengap. Selain itu tersedianya fasilitas permainan yang berlebihan di rumah juga dapat mengganggu minat belajar anak. Mulai dari radio tape yang menggunakan kaset, CD, VCD, atau komputer yang diprogram untuk sebuah permainan (games), seperti Game Boy, Game Watch maupun Play Stations.
C.    Bagaimana sih cara mengatasi rasa malas belajar itu ?
Beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa malas belajar yaitu:
1.    Dengan terus bergerak (beraktivitas), yang tentunya bersifat positif. Jika telah selesai dalam suatu urusan, maka bersegeralah mengerjakan urusan lain tanpa menunda-nunda. Karena sekali menunda atau diam maka rasa malas akan datang. Dan bila kemalasan sudah menyelimuti kita, maka kita akan semakin sulit untuk bergerak.
2.    Menanamkan kesadaran pada diri sendiri bahwa belajar adalah kegiatan yang sangat berguna dan bermanfaat sepanjang hidup kita. Belajar adalah suatu kewajiban dan tanggung jawab sebagai seorang pelajar yang hasilnya akan diraih dimasa mendatang.
3.    Jadikan belajar sebagai rutinitas yang pasti.
4.    Mencari waktu belajar yang tepat.
5.    Menciptakan suasana belajar yang nyaman. Buat ruang belajar yang menarik, rapi dan tidak membuat anak malas di dalam ruang belajar.
6.    Belajar dngan cara yang paling sesuai dengan diri sendiri (belajar yang menyenangkan).
7.    Kembangkan rasa percaya diri pada saat belajar. Berfikirlah bahwa kita pasti bisa.
8.    Menggali motivasi kita untuk rajin belajar. Berfikirlah tentang semua cita-cita dan impian kita, bagaimana cara meraih cita-cita dan impian kita tersebut, dan berfikirlah mengapa kita harus belajar.
DAFTAR PUSTAKA

Syah, Muhhibbin. 2003. Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan konseling studi dan karir. Jogjakarta: CV Andi Offset
http://reisakti.wordpress.com/2011/03/30/malas-adalah-musuh-abadi-manusia/
http://sosbud.kompasiana.com/2010/01/23/malas-adalah-penyakit-yang-mematikan/
http://kangkhalifah.multiply.com/journal/item/32
http://ahzami.wordpress.com/2008/06/13/empat-penyebab-anak-malas-belajar/
http://rumahkusorgaku.multiply.com/journal/item/139
http://1lmu.blogspot.com/2009/01/mengatasi-anak-malas-belajar.html
http://www.tipskeluarga.com/2009/02/27/tips-mengatasi-anak-malas-belajar/

Littlre snake pin