Senin, 09 Januari 2012

SATLAN-Upaya mengatasi rasa mengantuk saat jam pelajaran


SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN

Sekolah    :    MTS Al Islam Gunung Pati Semarang
Kelas    :    VII
Semester    :    2 / genap


A.    Judul/spesifikasi layanan    : Upaya mengatasi rasa mengantuk saat jam pelajaran
B.    Bidang bimbingan    : Belajar
C.    Jenis layanan        : Informasi
D.    Fungsi layanan        : Pemahaman
E.    Tujuan layanan        :
a.    siswa mengerti apa yang dimaksud dengan rasa mengantuk ( nilai rasa ingin tahu )
b.    siswa mampu memahami penyebab rasa mengantuk saat jam pelajaran ( nilai rasa ingin tahu)
c.    siswa mampu mengatasi rasa mengantuk saat jam pelajaran berlangsung (nilai disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung-jawab )
F.    Materi layanan        :
a.    pengertian mengantuk
b.    penyebab rasa mengantuk saat jam pelajaran berlangsung
c.    cara mengatasi rasa mengantuk saat jam pelajaran berlangsung
G.    Tempat penyelenggaraan    : Ruang kelas
H.    Alokasi waktu        : 1x40 menit
I.    Metode layanan        : tanya jawab, diskusi
J.    Kegiatan layanan        :
waktu    Kegiatan
5 menit    a.    Salam pembuka
b.    Pengemukakan maksud dan tujuan
30 menit    a.    pengertian mengantuk
b.    penyebab rasa mengantuk saat jam pelajaran berlangsung
c.    cara mengatasi rasa mengantuk saat jam pelajaran berlangsung
c.    Diskusi kelompok
d.    Tanya jawab
5 menit    a.    Memotivasi siswa
b.    Salam penutup

K.    Media layanan        :
a.    Buku
c.    Papan tulis
d.    Alat tulis
L.    Penilaian hasil layanan    :
a.    Proses    : mengamati siswa selama mengikuti layanan, mengungkapkan pemahaman siswa atas materi layanan yang telah diberikan
b.    hasil     : penilaian segera (laiseg), dengan memberikan angket kepada siswa setelah pelayanan
M.    Rencana tindak lanjut    :
a.    Bimbingan kelompok
b.    Konseling kelompok
N.    Sumber layanan        :
a.    Syah, Muhhibbin. 2003. Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
b.    Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan konseling studi dan karir. Jogjakarta: CV Andi Offset
c.    http://sumidayuitemartaswi.wordpress.com/2010/01/20/mengantuk-saat-jam-pelajaran-membosankan/
d.    http://ariepinoci.blogdetik.com/2010/02/26/tips-atasi-ngantuk-saat-di-kelas/
e.    http://dcosdo.tk/index.php/artikel/58-obat-atasi-ngantuk-saat-jam-pembelajaran
f.    http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=52700

Semarang,             2011

Mengetahui,
Kepala sekolah,                perencana kegiatan layanan



   
NIP    NIP



UPAYA MENGATASI RASA MENGANTUK SAAT JAM PELAJARAN

A.    Apa sih mengantuk saat jam pelajaran itu ?
Mengantuk saat jam pelajaran berlangsung merupakan salah satu penyakit siswa masa kini. Rasa mengantuk ini biasanya terjadi saat jam pelajaran yang membosankan.
Pernahkah kalian mengantuk saat ada jam pelajaran yang tidak kalian senangi?
Jika hal ini kita tanyakan pada kebanyakan siswa pastinya mereka akan bersorak : PERNAH !!!  memang hal ini sulit dipungkiri, jika ada salah satu pelajaran yang tidak kita sukai tentunya kita uring – uringan. tak hanya itu, keinginan untuk tidak memperhatikan pelajaran datang begitu saja. bagai jelangkung, datang tak dijemput, pulang tak diantar. Dari sikap acuh tak acuh itulah, maka pikiran kita mulai melayang – layang entah kemana. Badan saja ada di kelas, tetapi pikiran telah singgah di dagang bakso. Ditambah lagi materi pelajaran yang disampaikan berbelit – belit sehingga kadang kala kita merasa bosan mendengarnya. Posisi enak seperti itu mengundang rasa kantuk yang berlebihan dan tak tertahankan.
Mata terasa berat, inginnya menutup terus, dan mulut tak henti – hentinya menguap. Benar–benar tersiksa rasanya. Ingin tidur tetapi takut karena bisa saja kita dianggap tidak menghargai guru. Disatu sisi kita ingin memperlihatkan bahwa kita ini siswa yang baik, tetapi disisi lain ada rasa kantuk yang tak tertahankan sedang menghinggapi.
jadi, dengan terpaksa rasa kantuk itu kita tahan hingga jam pelajaran usai. Tapi, anehnya ketika jam istirahat kadangkala rasa kantuk itu hilang dengan sendirinya. Tidak ada salahnya bila tiap pelajaran itu di selingi hal – hal yang lucu biar rasa kantuk bisa diimbangi.
B.    Apa saja sih penyebab mengantuk saat jam pelajaran ?
mengantuk saat pelajaran bisa muncul dari dua faktor. Pertama, faktor luar diantaranya disebabkan karena pelajaran dan guru yang tidak disenangi, cara mengajar guru yang selain monoton, tanpa humor, barangkali juga tidak disertai contoh-contoh atau ilustrasi yang memadai.
Kedua, faktor dalam diri sendiri seperti kelelahan, kurang sehat, kurang tidur, atau memang ada penyakit yang tidak disadari. Jika disebabkan kelelahan, kurang sehat atau kurang tidur, nampaknya persoalan ngantuk tetap saja mengancam. Jalan keluarnya tentu istirahat dan tidur yang cukup. Jika ini semua dianggap beres, tidak ada masalah, maka tidfak ada salahnya segera ke dokter untuk konsultasi atau kalau perlu ke laboratorium klinik untuk memeriksakan darah. Sebab rasa ngantuk yang terus muncul biasanya ada hubungannya dengan kadar gula darah yang berlebihan.
C.    Bagaimana sih cara mengatasi rasa mengantuk saat jam pelajaran ?
Siapa sih yang belum pernah merasa mengantuk saat pelajaran? sepintar apapun kamu, yakin pernah merasakan mengantuk dalam kelas. Entah itu kurang tidur karena melembur mengerjakan tugas ataupun guru/dosen berdongeng dalam kelas.
Berikut tips atasi ngantuk saat di kelas :
1.    Ijin keluar kelas, keluar kelas lalu ke kamar mandi, cuci muka dan berwudhu. Minta lah izin kepada guru/dosen kamu untuk kekamar mandi, lalu berwudhu. Kalaupun rasa kantuk masih melanda, tapi minimal jadi lebih segar dari sebelumnya.
2.    Merenggangkan otot, tidak perlu kelapangan olahraga untuk hal ini. Cukup di bangku aja. Tarik tanganmu ke atas dan kesamping kiri-kanan. Renggangkan otot lehermu. Kalau guru/dosen bertanya kamu sedang apa, bilang saja terus terang kalau kamu lagi pereggangan otot biar tidak mengantuk. Guru/dosen pasti mengerti.
3.    Duduk di depan, kebanyakan orang kalo lagi mengantuk, pasti memilih duduk dibelakang, biar kalau ketiduran, tidak ketahuan. Ternyata Sala, coba kalau duduk didepan. Dengan duduk didepan, jadi lebih waspada. Kewaspadaan itu malah membuat tubuh otomatis ikut waspada. Ibaratnya, tubuh dalam selalu standby.
4.    Duduk tegak, postur tubuh yang tidak benar, bisa membuat otot jadi lelah. karena otot dan sendi-sendi kita jadi kerja ekstra dibanding kalau tubuh kita lurus/tegak secara tepat. Kalau otot sudah lelah, itu bisa menurunkan aliran darah dan otak sampai 30%.
5.    Makan permen, tidak usah banyak-banyak, dan tidak perlu heboh mengulum atau mengunyah-ngunyah. Cukup di “emut” saja. Dengan kita makan permen, lidah sebagai indra mengecap mengirimkan berita ke otak tentang makanan. Yang tadinya mata kita redup karena mengantuk, mau tidak mau harus melek karena otak yang bekerja untuk melek lagi.
6.    Latihan pernapasan, tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan selama 30 detik. Mengisi paru-paru sampai kedasar membantu kamu membuat tubuh tetap terjaga karena saat itulah tubuh kita secara otomatis mengisi aliran darah dengan oksigen.
7.    Self talk, ini emang artinya berbicara pada diri sendiri. Tapi berbicara bukan sembarangan berbicara, melainkan memberi sugesti ke pikiran kamu agar tetap berfikir positif. Dengan cara ini, kita memprogram pikiran bawah sadar kita. Misalanya, mengatakan pada diri sendiri “Saya akan tetap akan terjaga”. Kalau takut dibilang linglung, boleh berbicara didalam hati, tapi katakan itu berulang-ulang, sesering dan seintens mungkin. Pikiran inilah yang nantinya menjadi sugesti dalam pikiran bawah sadar kamu. Sugesti ini yang nanti bakal “ingat” dengan keras kalo mata kamu mulai meredup lagi.
8.    Cari tahu, apa sih yang membuat kamu mengantu? Kalau kamu mengantuk gara-gara kurang tidur dan keseringan begadang tengah malam, maka lain kali jangan lakukan begadang lagi karena akan mengganggu aktivitas saat jam pelajaran di kelas berlangsung.





Sumber materi :
Syah, Muhhibbin. 2003. Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan konseling studi dan karir. Jogjakarta: CV Andi Offset
http://blog.uin-malang.ac.id/info/kebiasaan-tidur-ngantuk-saat-pelajaran-di-kelas/
http://lisna-widiyasari.blogspot.com/2010/12/mengatasi-mengantuk-saat-pelajaran.html
http://sumidayuitemartaswi.wordpress.com/2010/01/20/mengantuk-saat-jam-pelajaran-membosankan/
http://ariepinoci.blogdetik.com/2010/02/26/tips-atasi-ngantuk-saat-di-kelas/
http://dcosdo.tk/index.php/artikel/58-obat-atasi-ngantuk-saat-jam-pembelajaran
http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=52700

Littlre snake pin