| no | KOMPONEN | KEGIATAN | URAIAN   KEGIATAN | 
| 1 | Perencanaan | a.       Mengidentifikasi   topik yang akan dibahas b.       Membentuk kelompok c.       Menyusun jadwal   kegiatan d.       Menetapkan prosedur   layanan  e.       Menetapkan fasilitas   layanan  f.        Menyiapkan   kelengkapan administrasi | Identifikasi   topik dilakukan oleh pemimpin kelompok ·  Menginformasikan   kepada siswa bahwa akan diadakan BKp topik tugas dapat melalui leaflet maupun   menginformasikan di kelas secara langsung. ·  Melakukan   recruitment anggota kelompok dengan cara mendatangi langsung, maupun melalui   media seperti telepon dan sms guna mengajukan penawaran untuk melakukan BKp   topik tugas. ·  Jumlah   anggota kelompok dalam BKp topik tugas adalah 10-15 orang. Menyepakati waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan serta   meminta CP tiap anggota kelompok jika terjadi perubahan. Sebelum memulai BKp topik tugas perlu   ditetapkan terlebih dahulu prosedur layanan mualai dari pembentukan,   peralihan, kegiatan, dan pengakhiran. Pemimpin kelompok menyiapkan ruangan beserta kursi   sejumlah anggota kelompoknya, serta pemimpin kelompok menyiapkan alat tulis Menyiapkan daftar hadir untuk anggota kelompok,   menyiapkan lembar “laiseg” ( penilaian segera), dan menyiapkan format   observasi. | 
| 2 | Pelaksanaan | a.        Mengkomunikasikan   rencana layanan Bkp b.        Mengorganisasikan kegiatan   layanan Bkp c.        Menyelenggarakan   layanan bimbingan kelompok melalui tahap pelaksanaan 1)       Pembentukan 2)       Peralihan 3)       Kegiatan 4)       Pengakhiran | § Bertemu   langsung dengan anggota. untuk mengkomunikasikan rencana pelaksanaan layanan   Bkp secara garis besar. § Menjelaskan Kegitan BKp yang terdiri atas dua topik   (bebas dan tugas) § Memastikan   kesiapan kelompok § Memastikan   kelengkapan sarana yang digunakan untuk mendukung kegiatan BKp (seperti   kursi, alat tulis dan kelengkapan administrasi). § Mempersilakan siswa duduk di tempat yang sudah   disediakan. § Mengabsen anggota kelompok yang mengikuti BKp. §   Membuka kegiatan konseling kelompok dengan mengucapkan salam  §   Pemimpin kelompok mengucapkan terimakasih kepada anggota atas   kedatangannya § Memimpin   berdoa.  § Perkenalan   dari pemimpin kelompok dan masing-masing anggota kelompok § Penstrukturan: a.         Menyampaikan pengertian BKp b.         Menjelaskan tujuan  c.         Menjelaskan proses d.        Menjelaskan azas   (azas kesukarelaan, keterbukaan, kegiatanan, kenormatifan, kekinian, ,   kerahasiaan)  e.         Menjelaskan cara   pelaksanaan § Pemimpin   kelompok memberikan  permainan sebelum   kegiatan BKp. § Pemimpin   kelompok menetapkan kontrak waktu kepada para anggota kelompok dan   menyepakatinya. § Menjelaskan   kembali maksud dan tujuan diadakannya BKp. § Pemimpin   kelompok memastikan bahwa anggotanya telah siap untuk melangkah menuju tahap   berikutnya. § Menyampaikan topik tugas yang akan dibahas bersama   contoh “Upaya   menanggulangi kenakalan remaja”  § Pemimpin   kelompok memberikan pengertian akan   manfaat pembahasan topik tugas ini § Menjelaskan alasan memilih topik tugas. § Menjelaskan peranan AK dalam menanggapi topik tugas. § Mempersilahakan AK untuk menanggapi topik tugas   dan mengaktifkan AK yang kurang aktif §   Pemimpin kelompok memberikan kesempatan kepada anggota untuk menyimpulkan   isi pembahasan. §   Pemimpin kelompok mengungkapkan bahwa kegiatan akan segera diakhiri atau   berakhir. §   Pemimpin kelompok menanyakan pesan dan kesan anggota secara bergantian  § Mengucapkan   terima kasih §  Memberikan dan menjelaskan pengisisan lembar laiseg untuk diisi § Menutup   kegiatan dengan berdoa § Perpisahan dengan berjabat tangan dan pemberian makanan ringan. | 
| 3 | Evaluasi | a.       Menetapkan materi   evaluasi. | § Penguasaan   pengetahuan § Mengamati   aktivitas. anggota kelompok. § Kesimpulan yang diutarakan oleh anggota kelompok | 
| b.       Menetapkan prosedur   evaluasi. | ·     Dengan   proses tanya jawab dan diskusi ·     Menggunakan lembar   laiseg | ||
| c.       Menyusun instrumen   evaluasi. | § Membuat   laiseg ( penilaian segera) § Menyusun lembar Observasi untuk observer | ||
| d.       Mengoptimalisasikan   instrumen evaluasi. | § Menjelaskan kegunaan instrumen (laiseg) kepada AK § Menyebar   laiseg tertulis untuk diisi oleh tiap anggota. | ||
| e.       Mengolah hasil   evaluasi. | § Membandingkan   hasil laiseg dengan hasil diskusi tahap kegiatan § Mereview lembar observasi dengan Pelaksanaan BKp | ||
| 4 | Analisis   Hasil Evaluasi | a.       Menetapkan norma   standart analisis. b.       Melakukan analisis. c.       Menafsirkan hasil   analisis. | § Membuat   batasan-batasan norma yang dilihat dari pertisipasi dan keefektifitasan   anggota. § Melihat   hasil pemahaman anggota terhadap topik terkait dari lembar laiseg. § Menafsirkan   hasil pembahasan § Memperkirakan   apa yang diharapkan anggota kelompok setelah diselenggarakannya kegiatan. § Melihat sebab-sebab munculnya kesulitan-kesulitan PK   dalam melakukan layanan BKp | 
| 5 | Tindak   Lanjut | a.       Menetapkan jenis dan arah tindak lanjut. b.     Mengkomunikasikan rencana tindak lanjut kepada   pihak terkait. c.       Merencanakan rencana   tidak lanjut. | § Mengadakan   kegiatan Bkp lanjutan jika diperlukan. § Mengungkapkan   arah tindak lanjut pada anggota dengan kesepakatan bersama. § Menjelaskan kemungkinan-kemungkinan layanan tindak   lanjut kepa AK § Mengungkapkan   pemberitahuan pada pihak terkait. § Menjelaskan alasan rencana pemberian layanan lain   sebagai upaya tindak lanjut kepada pihak terkai § Menetapkan waktu dan tujuan pelaksanaan tindak lanjut. § Menentukan   jenis layanan pelaksanaan   tindak lanjut. | 
| 6 | Laporan | a.     Menyusun   laporan layanan Bkp. b.       Menyampaikan laporan kepada pihak terkait. c.     Mendokumentasikan   laporan layanan. | § Membuat laporan hasil pelaksanaan layanan Bkp § Kepada    Dosen Pendamping § Menggandakan   hasil laporan. § Menyimpan   laporan dalam bentuk hard file dan soft file. | 



