NO | KOMPONEN | KEGIATAN | URAIAN KEGIATAN |
1 | Perencanaan | a. Mengidentifikasi topik yang akan dibahas b. Membentuk kelompok c. Menyusun jadwal kegiatan d. Menetapkan prosedur layanan e. Menetapkan fasilitas layanan f. Menyiapkan kelengkapan administrasi | Identifikasi topik dilakukan oleh pemimpin kelompok · Menginformasikan kepada siswa bahwa akan diadakan BKp topik bebas dapat melalui leaflet maupun menginformasikan di kelas secara langsung. · Melakukan recruitment anggota kelompok dengan cara mendatangi langsung, maupun melalui media seperti telepon dan sms guna mengajukan penawaran untuk melakukan BKp topik bebas. · Jumlah anggota kelompok dalam BKp topik bebas adalah 10-15 orang. Menentukan waktu pelaksanaan kegiatan bersama anggota kelompok tentunya dengan menyesuaikan jadwal para anggota yang lainnya. § Menetapkan prosedur kegiatan mulai dari tahap pembentukan sampai pengakhiran § Menyusun uraian kegiatan Bkp § Menetapkan prosedur kegiatan Bkp berlangsung meliputi bentuk laporan, analisis, evaluasi dan tindak lanjut. Pemimpin kelompok menyiapkan ruangan beserta kursi sejumlah anggota kelompoknya, serta pemimpin kelompok menyiapkan alat tulis Menyiapkan daftar hadir untuk anggota kelompok, menyiapkan lembar “laiseg” ( penilaian segera), dan menyiapkan format observasi. |
2 | Pelaksanaan | a. Mengkomunikasikan rencana layanan Bkp b. Mengkoordinir kegiatan layanan Bkp c. Menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok melalui tahap pelaksanaan 1) Pembentukan 2) Peralihan 3) Kegiatan 4) Pengakhiran | § Bertemu langsung dengan anggota. untuk mengkomunikasikan rencana pelaksanaan layanan Bkp secara garis besar § Memastikan kesiapan dan kelengkapan kelompok § Memastikan kelengkapan sarana yang digunakan untuk mendukung kegiatan Bkp. § Menginformasikan waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan Bkp. § Mengkoordinir ulang kelengkapan kelompok tepat saat kegiatan akan berlangsung § Membuka kegiatan konseling kelompok dengan mengucapkan salam § Pemimpin kelompok mengucapkan terimakasih kepada anggota atas kedatangannya § Memimpin berdoa. § Perkenalan dari pemimpin kelompok dan masing-masing anggota kelompok § Penstrukturan: a. Menyampaikan pengertian BKp b. Menjelaskan tujuan c. Menjelaskan proses d. Menjelaskan azas (azas kesukarelaan, keterbukaan, kegiatanan, kenormatifan, kekinian, , kerahasiaan) e. Menjelaskan cara pelaksanaan § Pemimpin kelompok memberikan permainan sebelum kegiatan BKp. § Pemimpin kelompok menetapkan kontrak waktu kepada para anggota kelompok dan menyepakatinya. § Menjelaskan kembali maksud dan tujuan § Pemimpin kelompok memberikan contoh topik § Memberikan kesempatan pada anggota kelompok untuk mengungkapkan masalah atau topik serta alasannya mengungkapkan topik tersebut. § Memilih topik yang diangkat melalui kesepakatan anggota kelompok. § Pemimpin kelompok mempersilahkan kepada salah satu anggota kelompok yang topiknya sepakat untuk dibahas agar memberikan penjelasan secara umum mengenai topik tersebut. § Pemimpin kelompok bersama anggota membahas topik yang disepakati. § Melakukan selingan atau permainan agar suasana menjadi rileks atau tidak tegang. § Pemimpin kelompok mengungkapkan bahwa kegiatan akan segera diakhiri atau berakhir. § Pemimpin kelompok menyampaikan simpulan atau hasil dari pembahasan topik yang telah dilakukan. § Pemimpin kelompok menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan understanding, comfort, & action (UCA) baik secara lisan maupun tertulis § Pemimpin kelompok menanyakan pesan dan kesan anggota secara bergantian § Menutup kegiatan dengan berdoa § Mengucapkan terima kasih |
3 | Evaluasi | · Menetapkan materi evaluasi. · Menetapkan prosedur evaluasi. · Menyusun instrumen evaluasi. · Mengoptimalisasikan instrumen evaluasi. · Mengolah hasil evaluasi. | § Penguasaan pengetahuan § Mengamati aktivitas. anggota kelompok dalam kegiatan Bkp sehingga tercapai tujuan dari kelompok. · Dengan proses tanya jawab dan diskusi · Menggunakan lembar laiseg § Membuat laiseg ( penilaian segera) § Menyebar laiseg tertulis untuk diisi oleh tiap anggota. § Membandingkan hasil laiseg dengan hasil diskusi tahap kegiatan |
4 | Analisis Hasil Evaluasi | · Menetapkan norma standart analisis. · Melakukan analisis. · Menafsirkan hasil analisis. | § Membuat batasan-batasan norma yang dilihat dari pertisipasi dan keefektifitasan anggota. § Melihat hasil pemahaman anggota terhadap topik terkait dari lembar laiseg. § Menafsirkan hasil pembahasan § Memperkirakan apa yang diharapkan anggota kelompok setelah diselenggarakannya kegiatan. |
5 | Tindak Lanjut | · Menetapkan jenis dan arah tindak lanjut. · Mengkomunikasikan rencana tindak lanjut kepada pihak terkait. · Merencanakan rencana tidak lanjut. | § Mengadakan kegiatan Bkp lanjutan jika diperlukan. § Mengungkapkan arah tindak lanjut pada anggota dengan kesepakatan bersama. § Mengungkapkan pemberitahuan pada pihak terkait. § Menetapkan waktu dan tujuan pelaksanaan tindak lanjut. § Menentukan pelaksanaan tindak lanjut. |
6 | Laporan | · Menyusun laporan layanan Bkp. · Menyampaikan laporan kepada pihak terkait. · Mendokumentasikan laporan layanan. | § Membuat laporan hasil pelaksanaan layanan Bkp § Kepada Guru pamong § Menggandakan hasil laporan. § Menyimpan laporan dalam bentuk hard file dan soft file. |