Selasa, 15 Mei 2012

TEKNIK KONSELING ASERTIF TRAINNING


1.  Konsep Dasar
Banyak Pakar memberikan definisi yang berbeda tapi sama (satu makna) tentang asertif, berikut diantaranya :
a.          Asertif adalah sikap di mana seseorang mampu bertindak sesuai dengan keinginannya, membela haknya dan tidak dimanfaatkan oleh orang lain. Selain itu, bersikap asertif juga berarti mengkomunikasikan apa yang kita inginkan secara jelas dengan menghormati tanpa menyakiti orang lain.
b.          Sikap asertif adalah kemampuan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, perasaan, dan kepentingan secara langsung kepada siapapun. Namun sikap asertif ini jangan disamakan dengan sikap agresif. Sikap asertif bersifat jujur, obyektif, tidak dipengaruhi oleh judgement, atau hal-hal yang bersifat emosionil.
c.          Asertif merupakan ungkapan perasaan, pendapat, dan kebutuhan kita secara jujur, wajar dan tidak dibuat-buat.
d.          Asertif adalah sarana untuk menjadikan hubungan kita lebih setara dan menghindari perasaan direndahkan yang kerap kali datang bilamana gagal mengekspresikan apa yang sungguh-sungguh kita dambakan.
e.          Asertif adalah Cara Efektif dalam mengekpresikan diri, mempertahankan harga diri, dan menunjukan rasa hormat kepada orang lain.
Dari definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa asertif adalah sikap positif bukan sikap negatif, asertif bukan agresif yang selalu merugikan orang lain, asertif bukan perilaku permisif/pasif yang selalu merugikan diri sendiri, bahkan menurut penelitian di Amerika, dikatakan bahwa perilaku agresif dan permisif/pasif adalah animal behavior sedangkan asertif adalah human behavior
 Fensterheim dan Baer, (1980) berpendapat sesorang dikatakan mempunyai sikap asertif apabila mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1.         Bebas mengemukakan pikiran dan pendapat, baik melalui kata-kata maupun tindakan.
2.        Dapat berkomunikasi secara langsung dan terbuka.
3.        Mampu memulai, melanjutkan dan mengakhiri suatu pembicaraan dengan baik.
4.        Mampu menolak dan menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pendapat orang lain, atau segala sesuatu yang tidak beralasan dan cenderung bersifat negatif.
5.        Mampu mengajukan permintaan dan bantuan kepada orang lain ketika membutuhkan.
6.        Mampu menyatakan perasaan, baik yang menyenangkan maupun yang tidak  menyenangkan dengan cara yang tepat.
7.        Memiliki sikap dan pandangan yang aktif terhadap kehidupan.
8.        Menerima keterbatasan yang ada di dalam dirinya dengan tetap berusaha untuk mencapai apa yang diinginkannya sebaik mungkin, sehingga baik berhasil maupun gagal ia akan tetap memiliki harga diri (self esteem) dan kepercayaan diri (self confidence).
Ada empat kategori yang dikelompokkan dalam perilaku asertif (Walker,1996):
a.    Kemampuan untuk berinisiasi dengan memulai percakapan, menyambung dan menghentikan percakapan
b.    Berani berkata “tidak”
c.    Mengajukan suatu pertanyaan dan keinginan
d.    Mengekspresikan perasaan suka dan tidak suka
Sedangkan Latihan asertif merupakan latihan keterampilan-sosial yang diberikan pada individu yang diganggu kecemasan, tidak mampu mempertahankan hak-haknya, terlalu lemah, membiarkan orang lain merongrong dirinya, tidak mampu mengekspresikan amarahnya dengan benar dan cepat tersinggung.
Willis (2004:72) menyatakan bahwa asertif training merupakan teknik dalam konseling behavioral yang menitikberatkan pada kasus yang mengalami kesulitan dalam perasaan yang tidak sesuai dalam menyatakannya. Sebagai contoh ingin marah tapi tetap berespon manis. Klien yang dapat dibantu menggunakan teknik ini adalah klien yang seperti berikut :
a)     Tidak dapat menyatakan kemarahan atau kejengkelannya
b)    Mereka yang  sopan berlebihan dan membiarkan orang lain mengambil keuntungan daripadanya
c)     Mereka yang mengalami kesulitan dalam berkata “tidak”
d)    Orang yang berkesulitan menyatakan kecintaan dan respon-respon positif lainnya
e)     Orang yang merasa tidak mempunyai hak untuk menyatakan perasaan dan pikirannya.

INDIKATOR KEASERTIFAN
PESAN-PESAN TUBUH
INDIKATOR
Kontak Mata
Melihat orang lain langsung di matanya, ataupun cukup melihat di antara dua matanya, sedikit di atasnya, sedikit di bawahnya, dan tetap melakukan kontak mata pada saat menyatakan diri
Ekspresi Wajah
Menyatakan emosi positif dan negative anda dengan tepat, tetap dalam keasliannya, seperti tidak tersenyum sewaktu marah
Postur Tubuh
Tidak membungkuk
Gerak-Gerik
Menggunakan gerakan tangan dan lengan untuk membantu menyatakan diri anda dalam cara yang konstruktif
Jarak
Tidak menghindari orang, tidak “tabrak-lari”
Bebas Komunikasi Tubuh Yang Negatif
Seperti: kepala mengeleng-geleng, membanting pintu, mengepalkan tangan sebagai pertanda geram, telunjuk menuding-nuding muka seseorang
Bebas Komunikasi Tubuh Yang Membingungkan
Menarik-narik rambut, mempermainkan jari-jari, mengeser-geserkan telapak kaki ke lantai
PESAN-PESAN SUARA
INDIKATOR
Volume
Keras tetapi layak
Nada
Lugas, tidak mengambil suara “anak kecil”
Kecepatan
Tidak terlalu cepat
Perubahan Nada
Penghadiran perubahan suara yang menekankan pernyataan, tiadanya perubahan nada yang memberi indikasi menyerang ataupun merendahkan

2.  Komponen
Adapaun menurut Duckworth dan Mercer ( Fisher,2006) terdapat beberapa komponen kunci dalam latihan asertif (Key Components of an Assertiveness Training Protocol), meliputi:
1.   Assertiveness training usually begins with a didactic presentation of (a) the rationale for the use of assertive behavior; (b) definitions of assertiveness, passiveness and aggressiveness; and (c) the basic content and procedural guidelines that govern assertive behavior
2.  Self-monitoring assignments are given and in-session role plays are undertaken to identify problematic interactions
3.  For the particular skill set being targeted, the verbal content of a sufficiently assertive response is delineated and the appropriately assertive delivery of that verbal communication is modeled by the therapist or confederate
4.  The client practices assertive behaviors in the context of in-session role-plays that are similar to the identified problematic interactions
5.  The evaluation of the role-play performance should always begin with the solicitation of comments from the client. This strategy allows the therapist to (a) evaluate the client’s understanding of the verbal and nonverbal behaviors that comprise the assertive response and (b) evaluate the accuracy and objectivity with which the client evaluates his or her performance. Evaluating one’s performance subsequent to role-plays may be made difficult by recall burden. Videotaping role-plays is recommended to reduce recall burden and to provide specific, visual evidence for performance problems and performance gains over time
6.  Feedback is provided by the therapist and/or confederate and instructions for further refinement of the assertive performance are provided. When there is a considerable discrepancy between the therapist-modeled assertive behavior and the client’s performance, it is often useful to provide feedback in the form of a review of a videotape of the role-play
7.  Real-world practice of assertive behavior is next. Again, the client provides a technical and affective evaluation of the assertive performance in the real-world situation.
8.  Reinforcement and reiteration of reasonable performance goals is essential throughout the assertiveness skills training process multicomponent intervention package aimed at the treatment of severe aggression, there is little research that empirically establishes the contribution of combined therapies above and beyond the independent effectiveness of either monotherapy (Ziegler, 1996).

3.  Tujuan
Teknik ini dugunakan untuk melatih klien yang mengalami kesulitan untuk menyatakan diri bahwa tindakannya adalah layak atau benar. Latihan ini terutama berguna di antaranya untuk membantu individu yang tidak mampu mengungkapkan perasaan tersinggung, kesulitan menyatakan tidak, mengungkapkan afeksi dan respon posistif lainnya. Cara yang digunakan adalah dengan permainan peran dengan bimbingan konselor. Diskusi-diskusi kelompok juga dapat diterapkan dalam latihan asertif ini.
Tujuan utama latihan asertif adalah untuk mengatasi kecemasan yang dihadapi oleh seseorang akibat perlakuan yang dirasakan tidak adil oleh lingkungannya, smeningkatkan kemampuan untuk bersikap jujur terhadap diri sendiri dan lingkungan, serta meningkatkan kehidupan pribadi dan sosial agar lebih efektif.
Jadi, secara umum tujuan dari latihan asertif adalah :
1.    Mengajarkan individu untuk menyatakan diri mereka dalam suatu cara sehingga memantulkan kepekaan kepada perasaan dan hak-hak orang lain.
2.    Meningkatkan keterampilan behavioralnya sehingga mereka bisa menentukan pilihan apakah pada situasi tertentu perlu berperilaku seperti apa yang diinginkan atau tidak
3.    Mengajarkan pada individu untuk mengungkapkan diri dengan cara sedemikian rupa sehingga terefleksi kepekaanya terhadap perasaan dan hak orang lain
4.    Meningkatkan kemampuan individu untuk menyatakan dan mengekspresikan dirinya dengan enak dalm berbagai situasi sosial
5.    Menghindari kesalahpahaman dari pihak lawan komunikasi
4.  Manfaat
Sikap asertif memengaruhi banyak segi kehidupan kita. Orang yang asertif cenderung memiliki konflik yang lebih sedikit dengan orang lain, artinya stres dalam hidup mereka berkurang. Mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan dan juga menolong orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dengan memiliki hubungan yang saling mendukung, orang yang asertif memiliki orang-orang yang dapat ia andalkan. Hal ini menjauhkan mereka dari stres sehingga tubuh dan jiwa mereka juga menjadi lebih sehat.
5.  Tahap-tahap
Prosedur dasar dalam asertive training :
a.    Mengajarkan perbedaan antara asertif, agresif, non agresif dan sopan.
b.    Membantu individu mengidentifikasi dan menerima hak-hak pribadi dirinya dan orang lain.
c.    Mengurangi hambatan kognitif dan afektif yang menghambat aktualisasi sikap asertif.
d.    Mengembangkan ketrampilan perilaku asertif secara langsung melalui praktek-praktek di dalam pelatihan.
Sedangkan prosedur umum dalam pelaksanaan latihan asertif adalah sebagai berikut:
1.    Identifikasi masalah, yaitu dengan menganalisis permasalahan klien secara komprehensif yang meliputi situasi-situasi umum dan khusus di lingkungan yang menimbulkan kecemasan, pola respon yang ditunjukkan, faktor-faktor yang mempengaruhi, tingkat kecemasan yang dihadapi, motivasi untuk mengatasi masalahnya, serta sistem dukungan.
2.   Pilih salah suatu situasi yang akan diatasi, dengan memilih terlebih dahulu situasi yang menimbulkan kesulitan atau kecemasan paling kecil. Selanjutnya, secara bertahap menuju pada situasi yang lebih berat.
3.   Analisis situasi, yaitu dengan menunjukkan kepada klien bahwa terdapat banyak alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalahnya tersebut. Identifikasi alternatif penyelesaian masalah.
4.   Menetapkan alternatif penyelesaian masalah. Bersama-sama klien berusaha untuk memilih dan menentukan pilihan tindakan yang dianggap paling sesuai, mungkin, cocok, layak dengan keinginan dan kemampuan klien serta memiliki kemungkinan pleuang berhasil paling besar.
5.   Mencobakan alternatif yang dipilih. Dengan bimbingan, secara bertahap klien diajarkan untuk mengimplementasikan pilihan tindakan yang telah dipilih.
6.   Dalam proses latihan, hendaknya diperhatikan hal-hal yang terkait dengan kontak mata, postur tubuh, gerak isyarat, ekspresi wajah, suara, pilihan kalimat, tingkat kecemasan yang terjadi, serta kesungguhan dan motivasinya.
7.   Klien diberi tugas untuk mencoba melakukan hal-hal yang sudah dibicarakan secara langsung dalam situasi yang nyata.
8.  Evaluasi hasil dan tindak lanjut.

SUMBER :
Willis, Sofyan S. 2004. Konseling Individual teori dan praktek. Bandung : Alfabeta.


VERBATIM

Peran
Dialog
Teknik
Ki
Assalamualaikum  (sambil mengetuk pintu)


Ko
Waalaikumsalam, oh Ana..., silahkan masuk

Attending
Ki
Iya bu, terimakasih

Ko
Mari silahkan duduk


Ki
Iya Bu, terima kasih

Ko
Bagaimana kabarnya hari ini?
Topik Netral
Ki
Baik bu. Ibu sendiri?


Ko
Ibu juga baik, tadi pelajarannya siapa na?

Ki
Pak Mahmud Bu

Ko
Nampaknya kamu terlihat sangat lesu, apa ada yang ingin dibicarakn dengan ibu?
Kalimat Penjembatan
Ki
Itu dia bu, karena ada yang ingin saya bicarakan dengan Ibu, saya datang kesini.

Ko
Memangnya ada apa Ana, nampaknya serius sekali

Ki
Beberapa hari ini, saya sering datang terlambat Bu ke Sekolah

Ko
Hmm..., apa alasan kamu datang terlambat?
Lead Khusus
Ki
Sudah seminggu ini, saya tidak bisa tidur Bu, hanya setelah  lewat jam 3 pagi saya baru dapat tidur

Ko
Insomnia ya??.., cob aceritakann pada Ibu apa yang menyebabkan kamu tidak bisa tidur?
Lead Umum
Ki
saya sendiri tidak tahu bu, padahal saya tidak pernah minum kopi Bu

Ko
yaa..., tetapi perlu kamu ketahui penyebab orang tidak bisa tidur itu bukan hanya karena kopi, mungkin saja kamu sedang memikirkan sesuatu. Mungkin ada sesuatu yang mengganjal pikiranmu

Ki
Iya bu, saya sedang ada masalah dengan teman dekat saya. Dan itu membuat saya memikirkannnya.

Ko
hmm...ya , Lalu apa kamu sudah mencoba untuk membicarakannya dengan temanmu?
Acceptance & lead Khusus
Ki
Belum Bu

Ko
belum? Bagaimana masalah bisa selesai kalau kamu tidak mau menyelesaikannya

Ki
Saya takut Bu

Ko
takut ? apa yang menyebabkan kamu takut?

Ki
saya takut, teman saya tidak bisa memafkan saya

Ko
selama belum dicoba kamu belum bisa tahu bagaimana reaksi teman kamu itu

Ki
jadi saya harus menyampaikannya ya bu?

Ko
Ya ana, kalau ada masalah itu harus dibicarakan agar dapat terselesaikan.

Ki
Bagaimana cara saya untuk menyampaikannya Bu?

Ko
Sebelumnya Ibu ingin tahu, ada masalah apa antara kamu dan teman kamu?
Lead Umum
Ki
Jadi begini Bu, Teman saya itu sering kali membuat saya kesal dengan memakai barang saya tanpa ijin. Saya ingin sekali melarangnya Bu, tapi saya tidak berani.

Ko
Jadi dengan kata lain, kamu ingin sekali berkata pada temanmu bahwa kamu tidak suka jika barang-barang kamu dipakai tanpa ijin?
Klarifikasi
Ki
Iya bu

Ko
Dari penuturan kamu tadi, sepertinya kamu termasuk dalam orang yang tidak asertif.
Interpretasi
Ki
Asertif?apa itu Bu

Ko
Asertif adalah usaha seseorang untuk mempertahankan hak-hak rasionalnya. Semacam berani menegor, berani menolak ajakan teman, dan lainnya.
Penjelasan mengenai teknik
Ki
Oh begitu, iya bu sepertinya saya termasuk tidak asertif, lalu harus bagaimana Bu

Ko
Kamu harus latihan agar menjadi asertif. Mungkin dengan belajar untuk mengemukakan pendapat kamu, berani untuk berkata jangan pada teman mu itu. Tapi penyampaian pendapat kamu tadi menggunakan kata-kata yang sopan yang didahului dengan “maaf, saya”
Latihan asertif
Ki
Iya Bu, mungkin kalau begitu terlihat sopan ya Bu?

Ko
Iya ana

Ki
Baiklah Bu, saya akan mencobanya. Terima kasih Bu, atas bantuannya. Saya harus kembali ke kelas karena ada pelajarn lagi.

Ko
Sama-sama Ana. Selamat mencoba, dan Ibu tunggu kabar selanjutnya
Pengakhiran
Ki
Iya Bu, permisi assalumailakum

Littlre snake pin