SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN
Sekolah : MTS Al Islam Gunung Pati Semarang
Kelas : VII
Semester : 2 / genap
A. Judul/spesifikasi layanan : Partisipasi diri dalam kegiatan belajar (kelompok, kelas, dan
sekolah)
B. Bidang bimbingan : Belajar
C. Jenis layanan : Penguasaan konten
D. Fungsi layanan : Pemahaman dan pengembangan
E. Tujuan layanan : Siswa mampu ikut serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan
pembelajaran baik kelompok, di kelas, ataupun dis ekolah ( nilai rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri )
F. Materi layanan : Partisipasi diri dalam kegiatan belajar
G. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi waktu : 1x40 menit
I. Metode layanan : tanya jawab, diskusi
J. Kegiatan layanan :
waktu Kegiatan
5 menit a. Salam pembuka
b. Pengemukakan maksud dan tujuan
30 menit a. Partisipasi diri dalam kegiatan belajar
b. Diskusi kelompok
c. Tanya jawab
5 menit a. Memotivasi siswa
b. Salam penutup
K. Media layanan :
a. Buku
c. Papan tulis
d. Alat tulis
L. Penilaian hasil layanan :
a. Proses : mengamati siswa selama mengikuti layanan, mengungkapkan pemahaman siswa atas materi layanan yang telah diberikan
b. hasil : penilaian segera (laiseg), dengan memberikan angket kepada siswa setelah pelayanan
M. Rencana tindak lanjut : Bimbingan kelompok
N. Sumber layanan :
a. Syah, Muhhibbin. 2003. Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
b. http://id.wikipedia.com/document/belajarkelompok.html
Semarang, 2011
Mengetahui,
Kepala sekolah, perencana kegiatan layanan
NIP NIP