SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN
Sekolah : MTS Al Islam Gunung Pati Semarang
Kelas : VII
Semester : 2 / genap
A. Judul/spesifikasi layanan : Pengelolaan emosi untuk meningkatkan prestasi belajar
B. Bidang bimbingan : Belajar
C. Jenis layanan : Informasi
D. Fungsi layanan : Pemahaman dan pengembangan
E. Tujuan layanan :
a. siswa mampu memahami makna emosi ( nilai rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri )
b. siswa mampu membedakan emsi posiotif dan emosi negatif (nilai disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung-jawab )
F. Materi layanan :
a. Pengertian emosi
b. Jenis-jenis emosi
c. Pengelolaan emosi
G. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi waktu : 1x40 menit
I. Metode layanan : tanya jawab, diskusi
J. Kegiatan layanan :
waktu Kegiatan
5 menit a. Salam pembuka
b. Pengemukakan maksud dan tujuan
30 menit a. Pengertian emosi
b. Jenis-jenis emosi
c. Pengelolaan emosi
d. Diskusi kelompok
e. Tanya jawab
5 menit a. Memotivasi siswa
b. Salam penutup
K. Media layanan :
a. Buku
c. Papan tulis
d. Alat tulis
L. Penilaian hasil layanan :
a. Proses : mengamati siswa selama mengikuti layanan, mengungkapkan pemahaman siswa atas materi layanan yang telah diberikan
b. hasil : penilaian segera (laiseg), dengan memberikan angket kepada siswa setelah pelayanan
M. Rencana tindak lanjut : konseling kelompok
N. Sumber layanan :
a. Syah, Muhhibbin. 2003. Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
b. http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2123275-pengertian-emosi/#ixzz1S6rOQc8k
c. http://ronawajah.wordpress.com/2010/04/06/mengelola-emosi/
Semarang, 2011
Mengetahui,
Kepala sekolah, perencana kegiatan layanan
NIP NIP