Senin, 09 Januari 2012

SATLAN-Pengelolaan emosi untuk meningkatkan prestasi belajar

SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN

Sekolah    :    MTS Al Islam Gunung Pati Semarang
Kelas    :    VII
Semester    :    2 / genap


A.    Judul/spesifikasi layanan    : Pengelolaan emosi untuk meningkatkan prestasi belajar
B.    Bidang bimbingan    : Belajar
C.    Jenis layanan        : Informasi
D.    Fungsi layanan        : Pemahaman dan pengembangan
E.    Tujuan layanan        :
a.    siswa mampu memahami makna emosi  ( nilai rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri )
b.    siswa mampu membedakan emsi posiotif dan emosi negatif (nilai disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung-jawab )
F.    Materi layanan        :
a.    Pengertian emosi
b.    Jenis-jenis emosi
c.    Pengelolaan emosi
G.    Tempat penyelenggaraan    : Ruang kelas
H.    Alokasi waktu        : 1x40 menit
I.    Metode layanan        : tanya jawab, diskusi
J.    Kegiatan layanan        :
waktu    Kegiatan
5 menit    a.    Salam pembuka
b.    Pengemukakan maksud dan tujuan
30 menit    a.    Pengertian emosi
b.    Jenis-jenis emosi
c.    Pengelolaan emosi
d.    Diskusi kelompok
e.    Tanya jawab
5 menit    a.    Memotivasi siswa
b.    Salam penutup
K.    Media layanan        :
a.    Buku
c.    Papan tulis
d.    Alat tulis
L.    Penilaian hasil layanan    :
a.    Proses    : mengamati siswa selama mengikuti layanan, mengungkapkan pemahaman siswa atas materi layanan yang telah diberikan
b.    hasil     : penilaian segera (laiseg), dengan memberikan angket kepada siswa setelah pelayanan
M.    Rencana tindak lanjut    : konseling kelompok
N.    Sumber layanan        :
a.    Syah, Muhhibbin. 2003. Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
b.    http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2123275-pengertian-emosi/#ixzz1S6rOQc8k
c.    http://ronawajah.wordpress.com/2010/04/06/mengelola-emosi/



Semarang,             2011

Mengetahui,
Kepala sekolah,                perencana kegiatan layanan



   
NIP    NIP

Littlre snake pin