Senin, 09 Januari 2012

KOMENTAR FILM I’M NOT STUPID

I’M NOT STUPID

Film im not stupid too ini berkisah tentang dua orang saudara cowok tom kakaknya dan jerry adiknya. Mereka tinggal serumah dengan ayah, ibu, nenek, dan pembantunya. Namun kedua orang tuanya sibuk bekerja, jadi jarang memperhatikan anak-anaknya sampai komunikasi antara orang tua dan anak pun harus lewat note yang ditempel di kulkas. Kisah tentang kehidupan anak-anak yang selalu dikekang dan tidak diberi kebebasan oleh orang tuanya.di sekolah mereka selalu membuat masalah, sedangkan dirumah mereka tidak ada kerjaan lain selain belajar. Orang tua mereka terlalu ambisius agar anak-anaknya menjadi pintar. Sementara anak-anak mereka merasa bahwa mereka kurang diperhatikan oleh orang tuanya.
Orang tua mereka memang kaya, namun mereka hampir tidak punya waktu untuk anak-anaknya. Keluarga yang satunya lagi, bukan keluarga yang kaya. Nama anaknya cheng cai. Dia hidup si lingkungan yang keras. Ibunya sudah meninggal. Ayahnya sangat kasar dan tidak jarang suka memukuli cheng cai.
Anak-anak yang kurang perhatian inilah yang menjadi tokoh utama dalam film ini. Bahkan sampai dikisahkan bahwa mereka sampai salah pergaulan gara-gara tidak mendapat perhatian yang sepantasnya dari kedua orang tuanya sendiri. Orang tua mereka tidak sadar akan kelakuan mereka.
Ternyata semua yang orang tua lakukan adalah demi kebaikan anak-anak mereka. Tetapi mereka menggunakan cara yang salah untuk merawat dan memelihara anak-anaknya. Meskipun ayah cheng cai sering memukulinya, namun dia masih mempunyai hati yang lembut sebagai seorang ayah. Ia mau membelikan tas untuk chengcai meskipun keuangannya buruk. Saat cheng cai dikeluarkan dari sekolah, ayahnya rela pergi kesana-kemari ke seluruh sekolah di singapura agar anaknya bisa bersekolah lagi. Namun chengcai tidak menyadari hal itu.
Pada akhirnya, ada suatu kejadian dimana cheng cai dan tom mencuri kalung milik nenek-nenek. Cheng cai dikejar oleh masa dan dipukuli. Ayahnya yang melihatnya langsung menolongnya, namun ia jatuh dari tangga dan mengalami pendarahan otak. Ia sekarat, lalu cheng cai mulai menyadari betapa besar kasih sayang ayahnya kepadanya. Meskipun akhirnya ayah cheng cai meninggal dan jadilah dia menjadi yatim piatu.
Untuk tom, dia adalah seorang blogger yang hebat dan bahkan pernah menjuarai kompetisi blogger. Namun orang tuanya sama sekali tidak menghargai bakat yang dimilikinya. Orang tuany aselalu mengatakan menjadi blogger tidak ada gunanya. Yang paling penting adalah mendapat nilai yang tinggi dalam pelajaran di sekolah. jerry mencurahkan semua isi hatinya bukan kepada orang lain, namun ia menulis semua apa yang dirasakannya dalam blognya. Suatu ketika orang tuanya membaca seuruh isi blognya tersebut. Mereka merasa sangat menyesal memperlakukan anaknya seperti itu. Sampai pada kejadian bahwa ia bergabung dengan sebuah geng berandak dan disuruh mencuri. Namun ia ketahuan dan dipukuli massa. Ayahnya yang melihat kejadian itu lewat telepon 3G langsung menolongnya. Dsitulah orang tua dan anak itu memperbaiki keadaan dengan saling memaafkan. Dan jadilah mereka keluarga ynag harmonis.
Untuk jerry, dia adalah seorang anak yang pintar. Ia selalu mendapat nilai yang bagus dalam setiap pelajaran. Namun orangtuanya masih belum puas dengan nilai-nilai ynag didapat oleh jerry. Di sekolah jerry mendapat peran utama dalam drama konsernya. Ia ingin orang tuanya untuk sekali saja melihat dan hadir dalam drama konsernya. Namun ayahnya bilang ia terlalu sibuk bekerja. Pada suatu hari, jerry mencuri uang di sebuah toko. Ketika ditanya orang tuanya kenapa dia mencuri, dia menjawab bahwa ia ingin membayar ayahnya agar bisa menonton drama konsernya. Mereka sangat tersentuh dan sadar apa yang diinginkan oleh jerry.
Dalam film ini, dikisahkan orang tua ynag terlalu ambisius terhadap anaknya. Mereka selalu merasa kurang atas apa yang telah diperoleh anak-anaknya. Bukannya memberi penghargaan atas usaha yang telah mereka perbuat. Film ini mengajak kepada kita semua untuk mengingat kapan terakhir kali kita memuji seseorang dan kapan terakhir kali kita dipuji seseorang. Karena hanya dengan perlakuan sekecil dan semudah hanya pujian saja bisa membangkitkan semangat seseorang dan membangun motivasi seseorang.
Peran psikologi pendidikan dikaitkan dengan film ini, bahwa sebagai calon seorang guru, kita harus selalu memberikan motivasi dan penghargaan atas apa yang telah anak didik kit ausahakan. Meskipun mereka kurang maksimal dalam ulangan bukan berarti kita untuk langsung memarahi dan mengata-katai mereka. Yang perlu kita lakukan adalah mencari kuncii yang ada pada setiap anak didik kita. Pada saat pelajaran ataupun saa apapun juga hal yang paling penting adalah memberikan reinforcement positif kepada anak didik kita. Bukan dengan memberikna reinforcement negatif. Reinforcement positif diantaranya bisa dilakukan dengan memuji apa yang telah dilakukan oleh anak didik kita, hal tersebut akan meningkatkan motivasi dan memacu semangat agar berusaha lebih keras lagi dalam segala hal.

Littlre snake pin