Sabtu, 02 Juli 2011

RAJA YANG TERSINGGUNG


Tujuan
Mempermudah setiap peserta untuk mengutarakan setiap kritik terhadap orang lain maupun menerima kritik dari orang lain serta untuk mengungkapkan reaksi diri kita terhadap kritik-kritik tersebut.
Setiap peserta tentu ingin mengetahui kesan-kesan peserta lain terhadap dirinya. Apakah mungkin ada sikap atau tindakan yang kurang disenangi oleh peserta lain? Juga bagaimana reaksi masing-masing terhadap kritik-kritik dari orang lain? Dalam permainan ini peserta-peserta lain diberi kesempatan untuk mendapatkan jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas.
Disamping itu, peserta juga dapat melatih diri untuk mengutarakan kritik yang bersifat membangun dan tenggang rasa.
Peserta
Berusia 14 tahun keatas. Besar kelompok antara 6-14 orang.
Waktu
Antara 15-30 menit.
Bahan
Kertas dan pena untuk menulis.
Petunjuk
“sekarang saya akan menjelaskan permainan dengan nama –raja yang tersinggung- kepada kalian. Sang raja duduk di tahtanya, menteri duduk disampingnya dan peserta-peserta lain berperan sebagai rakyat duduk di sekitar mereka. Rakyat merasa kecewa dengan rajanya. Oleh sebab itu, menteri mendatangi rakyat satu-persatu dan menanyakan tentang keluhan mereka terhadap rajanya.”
Sang menteri menyuruh rakyat menulis keluhan-keluhan mereka terhadap raja pada selembar kertas, setelah rakyat selesai menulis keluhan-keluhan tersebut, sang menteri lalu mengumpulkan kembali kertas yang berisi keluhan dari rakyat. Sang raja tidak boleh melihat isi dari keluhan-keluhan tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, sang menteri yang sudah mengumpulkan kertas berisi keluhan dari rakyat kemudian menghadap sang raja dan memberitahukan kepada sang raja satu-persatu perihal keluhan-keluhan rakyat tersebut. Kemudian menteri bertanya kepada raja, “keluhan mana yang paling menjengkelkan sang raja?”.
Setelah itu, raja diberi kesempatan 3 kali untuk menebak, siapa dari salah satu rakyatnya yang menyatakan keluhan yang paling menjengkelkan tersebut. Jikalau sang raja gagal menebak, maka menteri harus mengumpulkan keluhan baru dan raja harus menebak lagi dari awal. Pemilihan peran sebagai raja, menteri, dan rakyang bisa dilakukan dengan undian atau bisa juga dilakukan dengan kesukarelaan dari masing-masing peserta.
Evaaluasi dan refleksi
1.      Adakah kecaman-kecaman terhadap raja yang bersifat lahiriah dan hal-hal kecil yang bukan salahnya? Adakah sikap-sikap raja yang dapat diubah?
2.     Apakah  raja mengakui secara jujur kecaman yang benar mengenai dirinya ataukah dia berusaha menolaknya?

Littlre snake pin