Senin, 09 Mei 2011

antara fakta dan anime

Dalam dunia anime, biasanya nama atau logo dari sebuah perusahaan akan disamarkan. Tetapi dalam Code Geass, Darker Than Black, dan To Aru Kagaku no Railgun, kita dapat menemukan nama dan logo sebuah restoran yang tetap tidak disamarkan yaitu PIZZA HUT™.

Stan Lee, pengarang komik Marvel yang terkenal (Spiderman, Iron Man, dll), bekerja sama dengan studio BONES membuat sebuah anime yang berjudul Heroman. Dan seperti kebiasaan Stan Lee sebelumnya, dalam setiap film yang menggunakan karakter ciptaannya, beliau selalu muncul sebagai cameo, begitu juga dalam anime Heroman ini. Ada karakter yang muncul sepintas dan mirip sekali dengan dirinya. (Heroman, episode 1)

Hakujaden merupakan Anime Movie berwarna pertama yang dibuat, dirilis pada tanggal 22 Oktober 1958. Pembuatannya memakan waktu kurang lebih selama satu tahun (1956-1957). Anime ini merupakan hasil kerjasama antara Toei dengan perusahaan perfilman dari Hongkong yang diangkat berdasarkan cerita klasik Cina (Legenda Ular Putih)

Dalam Hyakujyu Ou Golion, tokoh Shirogane (Sven) diceritakan mati sementara dalam Lion Force Voltron, Sven diceritakan masih hidup. Pihak Jepang membuatkan episode lanjutan khusus untuk pasaran Amerika sehingga serial ini menjadi lebih panjang (total 125 episode).


Dalam Cowboy Bebop versi serial televisi bisa kita dengar pengumuman dalam bahasa Indonesia.

Cowboy Bebop sempat mengalami penundaan penayangan karena pada saat akan dipublikasikan, pemerintah Jepang sedang merumuskan peraturan yang dibuat sebagai respon atas kejadian di mana seorang anak menikam gurunya dengan cutter akibat terpengaruh oleh anime.

Dari komik US, Doomwar #5, ada cameo Hello Kitty sedang memakai kostum Deadpool

Tokoh Ephram Brown (diperankan oleh Gregory Smith) dalam serial drama Everwood, diceritakan sebagai seorang anak yang menyukai komik dan salah satu komik favoritnya adalah Ghost In The Shell.


Anime Black Lagoon menggunakan beberapa tempat di Indonesia sebagai setting cerita, seperti "Jakarta" (ep 1, season I), "Kalimantan" (ep 3, season I), dan kejadian di masa lampau di mana sebuah kapal ditenggelamkan di perairan dekat Indonesia, dikatakan bahwa pada saat itu Jakarta masih dikenal sebagai "Batavia" (ep 4, season I).

Pangeran Heinell dalam Chodenji Mashin Voltes V, adalah karakter antagonis (musuh) pertama yang mendapat respon positif dari penggemar wanita, yang dibuktikan dengan banyaknya surat yang ditujukan kepada rumah produksi meminta agar tokoh Heinell dibiarkan hidup. Sebelumnya, belum pernah ada tokoh antagonis dalam anime yang mendapat respon serupa.

Dalam anime Kami no Mizo Shiru Sekai (The World God Only Knows) episode 3, tampak tokoh utama Katsuragi Keima sedang mengayuh sepeda yang dihubungkan dengan kereta yang berbentuk kepala Zaku (Kidou Senshi Gundam).

Dalam episode 6 anime Kimi ga Aruji Ore wa Hitsuji de (Kimiaru), ada adegan di mana karakter Yume memperagakan gerakan 'henshin' (berubah) dari Kamen Rider Black (Ksatria Baja Hitam). Yume melakukan gerakan persis seperti ketika Minami Kotaro akan berubah wujud menjadi Kamen Rider.


Pada tahun-tahun awal 90-an, penggemar anime di Amerika membentuk sebuah gerakan yang mereka sebut SOS (Save Our Sailormoon). Sekitar tahun 1998 - 1999, terjadi gerakan dengan nama SOS hanya berbeda kepanjangan. SOS yang baru adalah Save Our Sakura.
 
Tokoh utama Southern Cross, Jeanne Francaix, diubah menjadi Dana, "anak" dari Max dan Miriya Sterling (Sterling adalah nama versi Amerika dari pasangan Jenius) dalam satu paket serial Robotech.
 
Dalam serial TV "Leverage", season III, episode 3, tampak tokoh Hardison dan Elliot secara tidak sengaja bertemu dengan seorang laki-laki yang sedang ber-cosplay menjadi tokoh salah satu anime yang terkenal yaitu Bishoujo Senshi Sailormoon.
 
Fujiwara Shinobu dalam Dancouga original adalah nama dari karakter utama, sementara dalam Juuso Kikou Dancouga Nova, Fujiwara Shinobu adalah nama salah seorang staf produksi yang membuat original story dari serial tersebut.

Dalam Ookami-san to Shichinin Nakama-tachi episode 3, Ringo, Otsuu, dan Otohime ber-cosplay dalam rangka memenangkan kompetisi kecantikan. Mereka menggunakan kostum yang menggambarkan tokoh dalam Zero no Tsukaima (Siesta, Henrietta, dan Louise)
 
Yoshiyuki Tomino yang banyak menyutradarai anime robot (seperti Gundam, Voltes V, dll) di Amerika mendapat julukan "Mr. Kill 'em All" setelah ia menyutradarai Zambot 3 karena dalam beberapa judul anime yang ditanganinya banyak karakter dalam anime tersebut yang tewas.
 
Striker Unit dari masing-masing Witch dalam serial Strike Witches adalah adaptasi dari pesawat-pesawat tempur dari era WW2, seperti Zero, Spitfire maupun Bf109. Selain itu para Witch juga membawa senjata dari awal negara masing-masing seperti Minna, Erica dan Trude yang membawa MG42, Shirley yang membawa Browning BAR atau Lynne yang membawa Boys .55 ATR. Seperti Striker Unit, nama-nama para Witch pun berasal dari real ace dari WW2, seperti Erich Hartmann, Gerd Backhorn, Chuck Yeager dll.
 
Password untuk masuk ke situs Dollars (nama geng yang dibentuk oleh Ryugamine Mikado dalam Durarara!!) adalah "baccano". Baccano adalah judul sebuah anime yang dibuat oleh orang yang sama dengan Durarara!!

Dalam Dancouga Nova (episode 6), diceritakan bahwa salah satu sponsor proyek Dancouga adalah seorang milyuner bernama Klein Sandman. Nama yang sama juga menggambarkan seorang milyuner dalam Gravion
 
Dalam anime Suzumiya Haruhi no Yutsu, banyak muncul istilah, gambar, dll, dari anime lain seperti Full Metal Panic!, Uchuu Senkan Yamato, Slayers, dll. Contohnya adalah pada episode 11 di mana SOS-dan "berperang" dengan klub komputer dengan game peperangan luar angkasa yang meniru Uchuu Senkan Yamato. Contoh gambar ada di sini dan sini

Isabelle Cronkite adalah nama seorang wartawan wanita yang berusaha menyelidiki Dancouga dan rahasia apa di balik semua tindakannya. Nama yang sama juga menggambarkan wartawan wanita dalam serial Sengoku Majin Goshogun yang juga mencari berita tentang Goshogun dan tim Good Thunder.
 
Hideaki Sorachi sang mangaka Gintama adalah fans berat Shimura Ken (pelawak kenamaan di Jepang), ini bisa dilihat dari karyanya. Di episode awal 1-2 ada adegan dimana Katou Ken mengatakan "Genki-desuka" dengan intonasi dan mimik khas Shimura Ken. Perlu di catat nama karakter itu sendiri Katou Ken, merupakan rip-off dari acara variety show milik Shimura Ken (志村けん) bersama rekannya Katou Hideyuki a.k.a Katou Cha (加藤 英文/加藤茶) yang berjudul Katou&Ken (thn 1992).
  
OVA pertama yang dirilis di Jepang adalah Dallos: Dallos Haikai Shirei (Dallos: Order to Destroy Dallos) pada 12 Desember 1983 yang diikuti oleh Dallos: Remember Partholemew pada tahun berikutnya. Dan sejak saat itu anime dikategorikan menjadi 3 jenis berdasarkan format media yang digunakan, yaitu TV Series, Movie, dan OVA.
 
Pada episode 11 anime Baka to Test to Shokanju, tampak sepintas seorang karakter (bukan karakter utama) yang posturnya sama dengan Hatsune Miku, vocaloid yang populer. Selain itu di anime ini juga tampak adegan di mana para tokoh menganggap suatu kejadian mirip dengan film Speed, disertai dengan gambar yang mirip sekali seperti poster film tersebut.
 
Dalam anime Gintama, tampak pemunculan beberapa tokoh yang mirip dengan yang ada dalam serial Gundam 00 seperti: Tieria Erde, Allelujah Haptism, Sergei dan Andre Smirnov, Soma Peries (Marie), dan karakter yang profilnya mirip dengan Feldt Grace.
 
Dalam anime Ao no Rokugo (Blue Submarine no. 6) sempat disinggung Pulau Irian sebagai salah satu tempat/setting dari cerita.
 
Tokoh Ryugamine Mikado dalam Durarara!! menggunakan ID chatting "Taro Tanaka". Nama itu adalah nama tokoh anime yang berjudul Uchuujin Tanaka Taro. Anime ini pernah ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi lokal Indonesia.
 
Dalam anime RahXephon, salah satu pilot jagoan dari organisasi TERRA adalah Elvy Hadhiyat yang diceritakan berasal dari Indonesia dengan code name: "Bunga Mawar"
 
Dalam anime Densetsu no Yuusha no Densetsu episode 3, tampak ada seorang karakter pendukung yang mempunyai penampilan seperti Saotome Alto dari Macross Frontier.
 
Tokoh Erika dan Walker dalam anime Durarara!! diceritakan sebagai orang-orang yang sangat menyukai anime dan manga (bahkan bisa dibilang otaku). Dalam salah satu episodenya, tampak mereka berdua sedang membawa sebuah pajangan yang menggambarkan tokoh Horo dari anime Ōkami to Kōshinryō (Spice and Wolf).
 
Dalam anime Tales of Vesperia, tampak sebuah boneka yang dipegang seorang anak yang berwujud seperti Mieu, mahluk yang ada dalam anime Tales of the Abyss.
 
Dalam Shakugan no Shana-tan Tri, Satou dan Tanaka memakai kaos yang bergambarkan Misaka Mikoto (To Aru Kagaku no Chodenji-bo) dan Index (To Aru Kagaku no Index).
 
Kagaku Kyujou-tai TechnoVoyager di Amerika diubah namanya menjadi Thunderbirds 2086. Dalam pelafalan Jepang, Vo pada Voyager diucapkan sebagai Bo, disingkat menjadi TB bukan TV.
 
Kosoku Denjin Albegas di Amerika ternyata juga berubah nama menjadi Voltron dan dimasukkan dalam rentetan serial Voltron. Namun ternyata anime yang satu ini tidak jadi ditayangkan, sementara mainannya tetap dijual dengan nama Voltron.
 
Dalam Toy Story 3 (film animasi karya Pixar), tampak sebuah boneka yang menggambarkan tokoh Totoro dari anime Tonari to Totoro (My Neighbour Totoro) karya Studio Ghibli.
 
Kisah dalam Kiko Soseiki Mospeada adalah interpretasi penulis naskahnya (Tomita Sukehiro) terhadap "The Crusade War" tetapi dengan menggunakan setting luar angkasa dan futuristik.
 
Momotaro no Umiwashi (Momotaro, the Sea Eagle) dianggap sebagai Anime Movie pertama.
 

Dalam anime Asobi ni Iku yo episode 4, muncul cameo beberapa tokoh dari anime lain yaitu Louise dari Zero no Tsukaima, dan Cecily, Lisa dan Luke dari Seiken no Blacksmith.
 
Pada tahun 1979, anime Chodenji Mashin Voltes V yang pada saat itu ditayangkan di stasiun televisi Philipina, dihentikan penayangannya oleh pihak pemerintah pada masa itu (di bawah pimpinan Ferdinand Marcos). Anime ini dianggap menunjukkan adegan kekerasan yang berlebihan, dan dianggap dapat memicu terjadinya pemberontakan. Tujuh tahun kemudian, anime ini kembali ditayangkan setelah Ferdinand Marcos diasingkan ke Hawaii.
 
Nama keluarga tokoh wanita yang ada dalam anime Shinseiki Evangelion merupakan nama dari kapal-kapal perang Angkatan Laut Jepang dari berbagai jenis kelas kapal. Kebanyakan kapal tersebut sudah ada sejak jaman Perang Dunia I, dan beberapa sudah dibuat ulang pada masa berikutnya.
Nama-nama itu adalah:
Ayanami Rei - Ayanami adalah destroyer class. Tercatat ada 2, yang pertama adalah kapal AL Jepang tahun 1909 dan yang kedua adalah pada tahun 1929. Keduanya menggunakan nama yang sama.
Shikinami Asuka Langley - Shikinami adalah destroyer class. Shikinami adalah nama keluarga Asuka dalam Evangelion 2.0: You Can (Not) Advanced. Dalam anime original (1995), nama keluarga Asuka adalah Sohryu. Nama ini juga merupakan nama kapal induk AL Jepang.
Makinami Mari Illustrious - Makinami adalah destroyer class. Sementara nama Illustrious juga merupakan nama kapal, dari AL Inggris. Hal ini mungkin ingin menunjukkan bahwa Mari merupakan keturunan orang Inggris.
Katsuragi Misato - Katsuragi adalah kapal induk AL Jepang (aircraft carrier class).
Akagi Ritsuko - Akagi adalah kapal induk AL Jepang (aircraft carrier class).
Ibuki Maya - Ibuki adalah kapal penjelajah AL Jepang (cruiser class).
Sedangkan nama Ikari (Ikari Yui, ibu Ikari Shinji) dalam bahasa Jepang bisa berarti "Jangkar" (kanji: 碇 atau 錨)
 
Dalam SF Saiyuki Starzinger, tokoh Jorgo mempunyai sebuah kalkulator unik yang dipakai untuk mencari informasi. Dalam tampilan layarnya kadang muncul gambar kepala Danguard A.
 
Dalam anime Machine Robo: Revenge of Chronos, episode 24, tampak sebuah robot 'figuran' yang bentuknya mirip dengan Zeta Gundam dari Kidou Senshi Zeta Gundam (機動戦士Ζガンダム). Saat dalam bentuk Waverider warnanya oranye, tetapi saat berubah menjadi robot, warnanya mirip dengan Zeta Gundam asli.
 
Salah satu movie Kara no Kyoukai menunjukkan adanya 2 boneka kucing, pada saat Shiki sedang menjelaskan kepada Mikiya tentang kepribadian ganda-nya. Dalam karya TYPE-MOON yang lain, kedua kucing itu menggambarkan wujud dari Len (kucing hitam) dan White Len (kucing putih). Len adalah tokoh yang muncul dalam Kagetsu Touya (dan Tsukihime), sementara White Len adalah karakter yang muncul dalam Melty Blood.
 
Dalam Cowboy Bebop baik versi serial televisi maupun movienya, banyak ditemukan istilah atau nama yang diambil dari bahasa selain Jepang. Misalnya: di Mars terdapat Morroccan Street (di mana lingkungannya digambarkan seperti layaknya pasar di Maroko/Morocco) atau istilah seperti "Insya Allah" yang diucapkan oleh penduduk di situ. Selain itu dalam Bebop juga bisa kita dengar kata-kata dalam bahasa Indonesia.

Nama Kouran dalam Sakura Taisen diambil dari nama belakang seorang artis yang lahir pada masa 1920-an (setting masa Sakura Taisen) dengan nama asli Yamaguchi Yoshiko. Ia besar di China dengan nama Li Xianglan (dalam bahasa Jepang menjadi Ri Kouran).
 
Anime yang rilis dalam format OVA sepanjang 12 episode dan membutuhkan waktu 3,5 tahun untuk menyelesaikannya. Episode pertama rilis tahun 1996 dan tamat di episode 12 yang baru rilis tahun 1999. Hal ini dikarenakan kematian sutradara Takeyuki Kanda di tahun 1996. Posisi sutradara kemudian diambil alih oleh Umanosuke Iida.
 
Dalam salah satu episode Sasuraiger, muncul pesawat yang mirip seperti White Base dalam Gundam 0079
 
Dalam Ookami-san to Shichinin Nakama-tachi (Ookami-san and the Seven Companions) episode 8, dimunculkan beberapa tokoh anime buatan J.C.Staff seperti Aisaka Taiga, Kushieda Minori, dan Kawashima Ami dari Toradora! dan juga ada beberapa tokoh dari To Aru Kagaku no Chodenji-bo seperti Misaka Mikoto, Shiraishi Kuroko, Saten Ruiko, dan Kazari Uiharu.
 
Dalam anime Mayoi Neko Overrun! tampak ketika tokoh Nozomi sedang berlomba lari menggunakan kostum seperti tokoh Chopper dari One Piece, sementara peserta yang lain juga memakai kostum yang mirip dengan tokoh One Piece yaitu Luffy dan Ussop. (Mayoi Neko Overrun! ep 13)
 
Dalam anime MM! episode 9, salah seorang karakter di dalamnya merupakan seorang niji-kon (penggemar/maniak karakter 2D) yang mencari-cari dakimakura (bantal peluk/guling) yang bergambarkan tokoh Hoshino Ruri dari anime produksi tahun 1996, Kidou Senkan Nadesico.
 
Dalam Fate/Stay Night TV Reproduction part I, tampak Shiro sedang mereparasi perangkat elektronik. Yang menarik adalah tulisan yang ada pada perangkat tersebut, yaitu "Kinoko" (dari nama pengarangnya, Nasu Kinoko), dan "Typemoon" nama produsen dari judul tersebut.

Littlre snake pin